Lagi, Komnas HAM Bertemu Pemda Maluku | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Lagi, Komnas HAM Bertemu Pemda Maluku

BERITA MALUKU. Lagi-lagi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Republik Indonesia bertemu pemerintah provinsi Maluku.

Pertemuan Komnas HAM dengan pemda Maluku kali ini untuk menyampaikan keluhan masyarakat Maluku yang sempat sampai di telinga mereka.

Komnas HAM dipimpin langsung Wakil Ketua, Ansore Sinangan dan diterima Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua, Asisten I setda Maluku, Angki Renjaan dan Kepala Biro Hukum, Hendrik Far-Far. Mereka melakukan pertemuan tertutup di ruang rapat lantai dua kantor Gubernur Maluku, Rabu (14/12/2016).

Kepada wartawan, Asisten I setda Maluku, Angki Renjaan usai pertemuan tersebut mengatakan, ada beberapa persoalan yang dibahas bersama Komnas HAM, seperti masalah gunung Botak, pengungsi Pelau, dan TNS.

Renjaan menjelaskan, untuk masalah TNS, pihaknya lebih menekankan soal masalah pembiayaan, sehingga membutuhkan dukungan dari semua pihak. Salah satunya melalui komnas HAM yang bisa menyampaikan hal ini kepada pemerintah pusat. Sedangkan persoalan gunung Botak sudah dilaporkan beberapa waktu lalu dalam kunjungan Komnas HAM sebelumnya, serta persoalan sulit berkoordinasi dengan Bupati Walikota, dalam menyikapai persoalan yang terjadi di daerahnya masing-masing. 

Untuk masalah PT Bintang Lima yang berlokasi di kabupaten SBB, sudah ada kesepakatan antara saniri negeri dan instansi bersangkutan.

Dirinya mengakui, Komnas HAM juga meminta perhatian pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk mengawasi penebangan hutan. Mengingat perusahaan saat ini dalam penyampaiannya kepada pemerintah sangat bagus, namun di lapangan melakukan tindakan nakal. Untuk itu, harus ada pengawasan ketat dari Dinas Kehutanan.

Sementara itu, untuk hak-hak adat masyarakat telah tertuang dalam Perda 14 Tahun 2005, tentang pengembalian negeri adat, yang diharapkan dapat menjadi payung hukum atas hak-hak adat.

Ditambahkannya, Komnas HAM juga mempertanyakan penyelesaian pengungsi Pelau, dimana pemerintah provinsi Maluku sudah menangani hal ini.

“Melihat hal ini, Komnas HAM memberikan apresiasnya, dan berterima kasih kepada pemda karena selalu welcome menerima kita,” pungkasnya.
Birokrasi 7304984732962212078

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

#ANEKA

# TNI - POLRI

Indeks

Kurs Mata Uang