Bursel dan MBD Belum Terima Bantuan Beras Sejahtera | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Bursel dan MBD Belum Terima Bantuan Beras Sejahtera

BERITA MALUKU. Keluarga sangat miskin di dua kabupaten di wilayah Maluku hingga pertengahan 2016 belum menerima bantuan beras sejahtera (rastra).

"Kedua kabupaten itu masing-masing Kabupaten Buru Selatan (Bursel) dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD)," kata Kabid pelayanan Publik Divisi Regional (Divre) Perum Bulog Maluku Kadir Koso di Ambon, Kamis (9/6/2016).

Sedangkan sembilan kabupaten dan kota lainnya sudah menikmati, lanjutnya, bahkan penyalurannya sudah mencapai 60 persen.

"Bahkan dari sembilan wilayah itu sudah ada yang menerima sampai dengan bulan Agustus," katanya.

Kadir menjelaskan, penyaluran rastra di Maluku dibagi dalam dua wilayah, masing-masing wilayah satu berpusat di Kota Ambon yang meliputi Kota Ambon, Kabupaten Buru, Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), dan Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Sedangkan wilayah dua yang berpusat di Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Kabupaten Aru, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Menurut Kadir, pihaknya sudah melakukan upaya mendorong Bulog Maluku untuk mempercepat penyaluran rastra di dua kabupaten tersebut.

Bahkan beberapa waktu lalu Pimpinan Divre Perum Bulog Maluku Faisal Assagaff menyempatkan diri ke Kabupaten Bursel guna mendorong percepatannya.

"Lain hal dengan yang dihadapi pemerintah Kabupaten MBD, mereka menginginkan agar pengiriman rastra di daerah itu langsung jatah satu tahun, namun yang menjadi kendala selama ini adalah masalah transportasi," ujarnya.

Jika tahun-tahun sebelumnya pengiriman jatah tiga bulan sampai enam bulan sekali tergantung kapal, tetapi sekarang diminta untuk pengiriman langsung jatah satu tahun.

Tapi keinginan tersebut belum dapat dilaksanakan, sebab pelayaran kapal perintis ke daerah itu selalu singgah di pulau-pulau sesuai jadwal pelayaran, sehingga kapal baru tiba dalam waktu dua minggu.
Ekonomi 7511118323865037975

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang