Harga Bawang Merah Meningkat, Pattiselano: 27 Ton Akan Masuk | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Harga Bawang Merah Meningkat, Pattiselano: 27 Ton Akan Masuk


AMBON – BERITA MALUKU.
Menjelang Perayaan Natal 25 Desember 2020 dan Tahun Baru 1 Januari 2021, harga kebutuhan pokok, seperti Bawang dan Cabe melonjak.


"Untuk kebutuhan pokok saat ini yang mengalami pergerakan bawang saat ini di kisaran Rp41 ribu/kg, dari sebelumnya Rp35 ribu/kg, bahkan dua bulan lalu harga turun sampai Rp25 ribu/kg," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, Elvis Pattiselano, kepada awak media di kantor Gubernur, Senin (30/11/2020).


Selain bawang, kata dia Cabe juga mengalami peningkatan dari Rp34 ribu/kg, menjadi Rp40 ribu. 


"Yang naik hanya Bawang dan Cabe, sedangkan kebutuhan pokok lainnya masih stabil," ucapnya.


Dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) kebutuhan pokok menjelang hari besar keagamaan Natal dan Tahun Baru yang dipimpin Menteri Perindustrian di Depansar, Bali, beberapa waktu juga, dirinya telah menyampaikan hal ini. Kenyataannya harga bawang dan cabe secara nasional juga mengalami peningkatan.


Pattiselano meyakini, beberapa hari kedepan persoalan ini sudah teratasi, dikarenaka petani di Jawa Timur satu minggu kedepan bawang sudah memasuki musim panen. Sehingga harga diharapkan bergerak kembali turun.


"Yang sudah masuk dua minggu kemarin 40 ton, rencana akan masuk lagi 27 ton, bukan hanya diperuntukan untuk Ambon, tetapi juga di distribusikan ke 5 kabupaten di sekitar yang di distrubusi dari Ambon juga, ada SBB, Maluku Tengah, Buru, Buru Selatan, SBT," tuturnya.


Walaupun demikian, pihaknya terus melakukan melakukan pemantauan dengan Satgas Pangan terkait kebutuhan dan harga bahan pokok, termasuk melakukan koordinasi dengan kabupaten/kota juga dilakukan.


"Jadi semua data dari Kabupaten/kota juga dipaparkan dalam Rakornas, kemudian ada stresing dari Menteri, Dirjen tentang langkah-langkah apa yang harus dilakukan kedepan," ungkapnya.


Ekonomi 1695452501047310391
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks