SMAN 1 Ambon Siap Laksanakan UNBK | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

SMAN 1 Ambon Siap Laksanakan UNBK

BERITA MALUKU. Sekolah Unggulan SMAN 1 Ambon siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan digelar pada 4 -6 April 2016.

"Kami telah melakukan uji coba menghadapi UNBK serta simulasi bagi para siswa, sehingga saat ini hanya mempersiapkan dan mengingatkan kembali serta membahas hasil kerja siswa," kata Kepala Sekolah SMAN 1 Ambon, Carolia Mustamu, Kamis (31/3/2016).

Ia mengatakan, berbagai persiapan telah dilakukan yakni gladi resik pelaksanan UNBK, penyiapan komputer, server serta ruangan telah steril.

Tiga ruangan dipersiapkan bagi para siswa yang dua ruangan masing- masing tersedia 30 unir komputer dan satu lainnya 34 unit serta tiga unit server.

"Total siswa SMAN 1 yang akan mengikuti UNBK pada 2016 sebanyak 281 peserta yang akan diuji setiap hari dalam tiga bagian," katanya.

Menurut dia, persyaratan yang ditetapkan pemerintah pusat satu unit komputer digunakan tiga siswa, sehingga jika mengikuti aturan tersebut perangkat komputer cukup untuk melaksanakan UNBK.

"Aturan yang berlaku satu unit komputer digunakan tiga siswa, jika sesuai aturan itu SMAN 1 paling tidak harus ada 92 hingga 93 komputer ditambah cadangan. Kami saat ini menyiapkan 94 unit komputer dan tiga server serta satu server cadangan," ujarnya.

Pihaknya berharap para siswa siap menghadapi UNBK dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan dan tanpa bantuan teman.

"Kami selalu mengajarkan siswa untuk belajar dengan baik serta mengerjakan soal tanpa bantuan siapa pun. Para siswa harus siap, baik pengetahuan, mental dan psikologis. Sistem ini para siswa harus bekerja tanpa bantuan teman," kata Carolina.

Kepala Dinas Pendidikan kota Ambon, Benny Kainama menyatakan, tujuh sekolah di Ambon siap melaksanakan UNBK untuk tingkat sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas.

"Dari sembilan sekolah yang diusulkan, tujuh sekolah hasil verifikasi telah disetujui Kementerian Pendidikan untuk melaksanakan UNBK 2016," katanya.

Ia mengatakan tujuh sekolah yang akan melaksanakan UNBK yakni SMPN6, SMAN1 dan SMA Siwalima, dan tiga SMK yakni SMKN1,2,3 dan 7.

"Pelaksanaan UN online sebagai upaya pemanfaatan teknologi informasi dan mencegah terjadinya kebocoran soal, sehingga para siswa diharapkan mempersiapkan diri dengan baik," ujarnya.

Benny menjelaskan, peralatan penunjang seperti komputer, jaringan internet, listrik dan SDM telah dipersiapkan, sehingga dipastikan saat pelaksanan UNBK berjalan dengan baik.

"Jika peralatan penunjang telah dipersiapkan, maka siswa juga harus mempersiapkan diri dengan berbagai latihan, terutama cara mengisi lembaran jawaban secara online," katanya.
Pendidikan 8845070197929967208

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang