Gempa 5,1 SR Guncang Malteng, Bupati: Tidak Ada Korban | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Gempa 5,1 SR Guncang Malteng, Bupati: Tidak Ada Korban

BERITA MALUKU. Bupati MalukuTengah, Abua Tuasikal memastikan tidak ada korban akibat gempa tektonik berkekuatan 5,1 Skala Richter (SR) yang mengguncang kabupaten tersebut pada Rabu (30/3) malam, sekitar pukul 22.38 WIT.

"Saya sejak guncangan gempa melanda berkoordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) teknis sambil mengarahkan memantau dampak gempa. Ternyata tidak ada korban apa pun," katanya, dihubungi dari Ambon, Kamis (31/3/2016).

Kabupaten Maluku Tengah memiliki 117 desa di 18 kecamatan sehingga membutuhkan waktu untuk memastikan dampak gempa tektonik yang tidak berpotensi gelombang pasang (tsunami) itu "Syukurlah tidak ada korban. Pusat gempa di 118 KM Barat Daya Kabupaten Maluku Tengah," kata bupati.

Data BMKG menyebutkan gempa berada di titik 4,08 Lintang Selatan, 129, 38 Bujur Timur. Gempa berpusat di kedalaman 10 KM di bawah laut.

Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami karena terletak pada pertemuan tiga lempeng besar, yakni Pasifik, Indo Australia, dan Eurasia.

Lempeng Indo Australia yang masuk ke bawah lempeng Eurasia bertemu dengan Lempeng Pasifik, sehingga mengakibatkan patahan yang tidak beraturan.
Daerah 7441335519288306731

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang