Amerika Janji Akan Pasarkan Tuna dari Maluku ke Negaranya | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Amerika Janji Akan Pasarkan Tuna dari Maluku ke Negaranya

BERITA MALUKU. Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) Robert O. Blake, Jr menegaskan, pihaknya akan membantu memasarkan ikan hasil tangkapan nelayan Maluku ke negara tersebut.

"Kami akan membantu memasarkan ikan hasil tangkapan nelayan Maluku, khususnya tuna ke pasaran Amerika dengan harga lebih tinggi," kata Dubes Robert Blake, usai bertemu dengan Gubernur Maluku Said Assagaff, di Ambon, Jumat (4/9/2015) kemarin.

Dia mengatakan, langkah positif tersebut telah disampaikan kepada Gubernur Said, di mana diharapkan menjadi pintu masuk meningkatkan ekspor ikan tuna dari Maluku ke pasaran Amerika maupun negara-negara di eropa.

Mantan Dubes AS untuk Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka itu menegaskan, ikan tuna di Maluku maupun sejumlah daerah di kawasan Timur Indonesia sudah bisa diekspor ke Amerika Serikat melalui perusahaan eksportir tuna PT. Anova, yang berkedudukan di provinsi Bali.

Perusahaan tersebut telah memiliki setifikasi Fair Trade United States of America (FTUSA), sertifikasi pertama bagi produk ekspor ikan tuna Indonesia ke Amerika Serikat (AS) sejak setahun lalu.

Perusahaan tersebut bekerja sama dengan 120 nelayan tuna sirip kuning (Thunnus Albacares) di Maluku sebagai penangkap ikan di perairan provinsi "seribu pulau" tersebut, dan hasilnya di ekspor ke AS.

"Jadi ikan tuna asal Maluku saat ini telah memasuki pasar Amerika. Ini sangat menggembirakan sekaligus jaminan bagi para nelayan di daerah ini untuk meningkatkan taraf hidupnya," ujarnya.

Dubes Robert, juga menyambut gembira berbagai program di gagas Pemprov Maluku di bidang kelautan dan perikanan, terutama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Ambon dan Maluku yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan.

"Saya juga merasa terkesan dengan langkah Gubernur untuk membangun infrastruktur kelautan dan perikanan, baik penangkapan maupun budidaya, di samping infrastruktur perhubungan untuk menghubungkan pulau-pulau," katanya.

Ditanya kemungkinan pemerintah Indonesia membantu pembangunan di Maluku, Dubes mengatakan hasil pertemuan dengan Gubernur akan dijadikan masukan untuk dibicarakan dengan pimpinan negara adidaya tersebut.

"Banyak peluang yang bisa dibantu maupun dikembangkan di Maluku. Saat ini pun banyak pengusaha Amerika yang tertarik untuk berinvestasi di Maluku di masa mendatang," katanya.

Dubes Robert berjanji menyampaikan berbagai peluang usaha untuk memanfaatkan sumber daya alam melimpah di Maluku tersebut kepada para pengusaha di Negeri paman Sam tersebut.

Selain itu, pihaknya akan terus meningkatkan kerja sama dengan Pemprov Maluku, terutama untuk meningkatakan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang kelautan dan perikanan, melalui kerja sama dengan Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon. (ant/bm 01)
Ekonomi 6283191103611131076

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang