108 Warga Myanmar Akan Dipulangkan dari Ambon | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

108 Warga Myanmar Akan Dipulangkan dari Ambon

BERITA MALUKU. Kantor Imigrasi Kelas I Ambon akan memulangkan 108 warga negara Myanmar ke negara asalnya melalui Jakarta.

"Ke-108 warga negara Myanmar itu akan diterbangkan dari Bandar udara Internasional Pattimura, menuju Bandara Soekarna - Hatta Jakarta, pada Sabtu(5/9) malam, pukul 22.00 WIT,kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Ambon, Nanang Koesdarjanto di Ambon, Sabtu (5/9/2015).

Mereka ini dipulangkan atas kerja sama pihak Perusahaan tempat mereka bekerja, Kedutaan besar Myanmar di Jakarta dan bantuan pihak Organisasi Internasional untuk Migrasi (International Organization for Migration/IOM).

Sebanyak 108 orang warga negara Myanmar itu adalah bagian dari 270 orang yang merupakan hasil pendataan Pihak Kedutaan Myanmar bersama IOM dilakukan di Ambon pada Selasa (23/6).

"Sedangkan sisanya atau yang masih berada di Ambon menurut rencana juga akan dipulangkan secara bertahap," ujarnya.

Dia menjelaskan, kehadiran Kedutaan Myanmar ke Ambon saat itu atas laporan dari beberapa warganya di sini yang ingin pulang ke Myanmar namun membutuhkan surat perjalanan akhirnya mereka menghubungi pihak Kedutaan di Jakarta.

Oleh karena itu, lanjutnya, pihak Kedubes Myanmar datang untuk mendata berapa banyak warganya yang mau pulang untuk diberikan dokumen perjalanan.

"Jadi sekarang ini sudah terjawab dengan adanya pemulangan sebagian atau 108 orang atas kerja sama yang baik," kata Nanang.

Dia mengemukakan, warga Myanmar ini tinggal di kapal-kapal tempat mereka bekerja yang saat ini masih berlabuh di kawasan perairan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Ambon di Tantui dan ada sebagian juga yang lego jangkar di Teluk Dalam Ambon.

"Informasi mereka ingin kembali ke negara asal sebab tidak berlayar lagi sejak dikeluarkannya moratorium sejak November 2014," katanya. (an/bm 01)
Keamanan 1545710867738036819
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks