Daftar Tunggu CALHAJ Maluku Hingga 2025 | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Daftar Tunggu CALHAJ Maluku Hingga 2025

BERITA MALUKU. Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku mencatat daftar tunggu umat muslim yang akan berhaji di tanah suci sampai delapan tahun ke depan atau 2025.

"Prediksi kita delapan tahun ke depan itu atas pertimbangan dengan daftar tunggu masing-masing kabupaten dan kota yang berbeda-beda," kata Kabag TU Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Jamaludin Bugis di Ambon, Rabu (2/8/2017).

Kita lihat saja kalau daftar untuk Kota Ambon sekarang ini, lanjutnya, hingga sembilan tahun ke depan dengan perhitungan sesuai daftar tunggu yang tercatat saat ini sebanyak 4.000 orang lebih. Sedangkan kuota haji reguler untuk Kota Ambon sebanyak 368 orang.

"Kemudian daftar tunggu untuk Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) sesuai laporan hingga sekarang tercatat sebanyak 1.264 orang, sedangkan kuota untuk daerah itu tercatat sebanyak 135 orang saja," ujarnya.

Pokoknya yang jelas untuk daftar tunggu yang paling terkecil, lanjutnya, hanya Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), yakni 51 orang, sedangkan kuota tiap tahun hanya 10 orang.

"Jadi kalau dilihat daftar tunggu yang terbesar di Provinsi Maluku, yakni Kota Ambon, sedangkan kabupaten yang lain tidak terlalu banyak hanya diantara lima hingga tujuh tahun kedepan," ujarnya.

Ini semua atas perjuangan Kakanwil Kementerian Agama Maluku dan atas dukungan Gubernur Maluku yang menaikan kuota 689 menjadi 1.090 orang.

"Cukup bagus kalau dilihat daftar tunggu masyarakat muslim yang ada di Maluku yang mau berhaji jika dibandingkan dengan daerah-daerah lain yang bisa mencapai 15 20 tahun kedepan," katanya.

Jadi masyarakat muslim di daerah ini tidak menunggu waktu keberangkatan yang terlalu lama, apalagi kalau ke depan nanti ada penambahan kuota lagi berhubungan dengan Maluku sudah ditetapkan sebagai embarkasi antara yang diperkirakan tahun 2018 sudah bisa terealisasi.
Aneka 6409638240375503629
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks