Pemkot Tual Belum Bisa Salurkan Dana Desa 2017 | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pemkot Tual Belum Bisa Salurkan Dana Desa 2017

BERITA MALUKU. Pemerintah Kota Tual hingga saat ini belum bisa menyalurkan Dana Desa tahun 2017, karena masih dalam tahap evaluasi keuangan desa/kelurahan.

"Dana Desa untuk seluruh desa di Kota Tual tahun ini belum dapat tersalur, menunggu hasil evaluasi keuangan daerah untuk desa yang telah diasistensi oleh tim," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kota Tual, Zeth Rahallus di Tual, Senin (15/5/2017).

Menurut dia, di Kota Tual ada 27 desa penerima Dana Desa, sebagian besar sudah diberikan asistensi untuk penyusunan rencana dan anggaran kerja. Tim Asistensi terdiri dari unsur PMD, BAPPEDA, PU, dan pendamping desa.

Zeth mengungkapkan, anggaran Dana Desa telah masuk ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) sebesar Rp.15 miliar lebih sejak 7 April 2017.

"Diharapkan, setelah evaluasi dilakukan maka anggaran tersebut dapat disalurkan ke rekening masing-masing desa," katanya.

Jika penyaluran sudah dilakukan, maka Dinas PMD Kota Tual akan melakukan pengawasan pemanfaatannya agar sesuai dengan rencana kerja desa masing-masing.

"Tapi bukan intervensi, sifat menjaga agar dana tersebut benar-benar dipergunakan sesuai perencanaannya," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Adam Rahayaan mengingatkan kepada seluruh kepala desa agar memanfaatkan Dana Desa sesuai rencana kerja, karena penyimpangannya bisa berujung pada tuntutan hukum.

Dana Desa adalah dana yang bersumber dari APBN yang diperuntukkan bagi desa dan desa adat, yang ditransfer melalui APBD kabupaten/kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaran pemerintahan, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat, dan kemasyarakatan.

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Kabupaten/Kota mengalokasikannya ke setiap desa berdasarkan jumlah desa dengan memperhatikan jumlah penduduk, luas wilayah, dan angka kemiskinan.

Daerah 1194410089353965881

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang