Broker Asal Rusia Jajaki Potensi Pariwisata Malteng | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Broker Asal Rusia Jajaki Potensi Pariwisata Malteng

BERITA MALUKU. Pelaksana tugas (PLT) Kepala Dinas Pariwisata Maluku Tengah (Malteng), Salim Sulaiman, membenarkan adanya pertemuan antara broker Rusia dengan pemda Malteng terkait potensi pariwisata yang ada di Malteng.

"Ya, ada pertemuan antara para broker asal Rusia dengan pak wakil Bupati serta kami dari pariwisata beberapa waktu lalu. Mereka menjejaki potensi wisata di Malteng dalam rangka investasi. Mereka sangat tertarik, apalagi potensi wisata bahari," akui Sulaiman, Senin (15/5/2017).

Dikatakan, para broker atau agen investasi dalam pertemuan tersebut, meminta data dukungan potensi pariwisata Malteng.

"Itulah sebabnya kita diminta persiapkan dan masukan data pendukung tentang pariwisata di sini, baik itu jumlah kungjungan wisata, lalu masalah aksesibilitas menuju objek objek wisata. Lalu status tanah bermasalah atau tidak semua itu mereka inginkan. Kalau sesuai dengan apa yang mereka inginkan, mereka bisa menjembatani pengembangan investasi dibidang pariwisata," tandasnya.

Meski begitu, Salim mengakui kepemilikan tanah masih menjadi masalah klasik untuk diselesaikan dalam rangka pengembangan pariwisata. Padahal baginya, potensi pariwisata dapat membantu Pemda dan masyarakat. Olehnya itu, selain pengembangan infrastruktur pariwisata, pihaknya akan fokus mengembangkan pemahaman masyarakat, agar lebih paham tentang dampak pertumbuhan ekonomi dari sektor wisata.

"Kelihatan saat ini di Malteng ada masalah klasik disamping keterbatasan anggaran, soal lokasih-lokasih juga adakalanya berbenturan dengan pemilik tanah yang bisa menimbulkan konflik. Padahal kalau mau dikerjasamakan seperti tempat wisata di Jawasab lain-lain, ada kerja sama yang saling menguntungkan bagi masyarakat disekitar kawasan wisata. Kita berharap ada persamaan persepsi dari masyarakat disetiap kawasan wisata, agar bisa menerima pengembangan pariwisata, namun tentunya kerja sama tadi saling menguntungkan," tukasnya.

"Pemerintah sangat konsen terkait hal ini, masyarakat diberdayakan. Intinya kita sedang benahi SDM Masyarakat tentang pariwisata. Untuk daya saing, kita belum kesana, karena daya saing wisata tidak akan terwujud manakala masyarakat setempat memiliki SDM rendah," tandas Sulaiman.

Dengan adanya broker yang sementara meninjau pontensi wisata, bagi pemda, pertemuan tersebut hanya baru sebatas penjajakan munuju investasi pada sektor pariwisata.

"Intinya, pertemuan kemarin pembicaraanya hanya pada konteka penjejakan potensi wisata untuk bisa mengarah pada investasi dibidang tersebut," tutupnya.
Pariwisata 193370518327856591
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks