Menpora Buka Jambore Nasional Pemuda Maritim Ke-II di Ambon | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Menpora Buka Jambore Nasional Pemuda Maritim Ke-II di Ambon

BERITA MALUKU. Menteri Pemuda dan Olaharaga (Menpora), Imam Nahrawi membuka secara resmi Jambore Pemuda Maritim, yang berlangsung di Islamic Center, Ambon, Maluku, Selasa (25/4/2017).

Turut hadir, Seketaris Daerah Maluku Hamin Bin Tahir, Pangdam XVI Pattimura Doni Munardo, Bupati MBD, Barnabas Orno, Komisis 7 DPR RI, Agung Wardoyo, Ketua DPP KNPI, Mohammad Rifai Darius, pimpinan OKP Nasional, DPD KNPI II 11 kabupaten/kota.

Menpora dalam sambutannya berharap, Jambore Nasional Pemuda Maritim bukan hanya menjadi acara seremonil biasa, tetapi menjadi tempat berkumpul satu hati, satu rasa melihat masyarakat indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

Dijelaskan, pembangunan maritim termasuk dalam program nawacita Joko Widodo – Jusuf Kalla dalam mengembangkan kapasitas ilmu penegtahuan dan teknologi dan manusia untuk mengembalikan kedaulatan maritim Indonesia.

Dikatakan, tema “Beta Indonesia, Beta Bangga Jadi Bangsa Maritim” sesungguhnya menjadi salah satu upaya panjang menjadi poros maritim dunia yang dicita-citakan.

“Selamat berjambore, manfaatkan waktu dengan sebaikmungkin untuk mengkosolidasi, dan kemudian memberikan rekomendasi kepada kami selaku pemerintaha dalam upaya pengembangan wilayah kemaritiman di Indonesia,” tukasnya.

Seketaris Daerah Maluku, Hamin Bin Tahir yang hadir mewakili Gubernur Maluku, Ir. Said Assagaff mengatakan, Maluku ditetapkan sebagai tuan rumah Jambore Nasional Pemuda Maritim merupakan kebanggan bagi Provinsi Maluku. Apalagi kegiatan ini sesuai dengandengan karakteristik Maluku sebagai Provinsi kepulauan, dengan luas laut 92,7 persen dan darat 7,3 persen, dengan memiliki 1430 .

Dijelaskan, Maluku kaya akan kenakeragaman wisata alama, budaya, realigi kuliner yang tidak kalah dengan daerah lain, serta memiliki Sumber Daya Alam (SDA) salah satunya blok masela yang sudah mendunia. 

Dirinya berharap peserta jambore akan benar-benar menghidupkan semangat kemaritiman dan mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. sesuai tema “Beta Indonesia, Beta Bangga Jadi Bangsa Maritim.

“Tema ini sangat sarat dengan spiritual kemaritiman yang mesti dimiliki setiap pemuda,” ucapnya.

Orang nomor satu di Maluku ini setuju dengan gagasan KNPI dalam mewujudkan mimpi besar 8 provinsi kepulauan untuk menjadi pilot project indonesia sebagai poros maritim dunia. Dan kiranya konsep tersebut diwujudkan dalam desain agar tertanggungjawab dalam melahirkan hasil yang maksimal.

Sementara itu, Ketua DPP KNPI, Mohammad Rifai Darius dalam sambutannya, mengatakan, KNPI akan selalu berkontribusi kepada bangsa dan negara serta bergandengan tangan bersama-sama dengan pemerintah dalam menyukseskan program kerja kepemimpinan Presiden Joko Widido dan Wakil Presiden Jusuf Kalla hingga tahun 2019.

Dirinya mengakui, KNPI sangat fokus dalam bidang kemaritiman terutama pulau-pulau terluar dalam hal ini pemuda di daerah perbatasan. Untuk itu, telah dibentuk satgas maritim pemuda, yayasan bangga jadi pemuda Indonesia. 

Oleh karena itu, kata Darius semangat untuk memajukan negara dan bangsa ini harus terus dibina, karena KNPI merupakan satu-satu organisasi sebagai wadah berhimpun semua kepentingan di dalamnya, dan paling penting KNPI terbuka untuk umu bagi siapapun yang mau bergabung.

“KNPI tidak boleh menjadi sarana menjual, membawa kepentingan politik, menunganggi kepentingan sesaaat, tetapi membawa KNPI sebagai sebuah organisasi yang bermanfaat bagi bangsa dan negara kita,” pungkasnya.

Ketua DPD KNPI Provinsi Maluku, Bisri Latuconsina dalam sambutannya, mengatakan, Jambore Nasional Pemuda Maritim ke-II merupakan rangkaian lanjutan dari pelaksanaan jambore nasional pemuda maritim ke-I yang berlangsung di Bangka Belitung tahun 2016. Yang juga merupakan kerinduan seluruh pemuda di Indonesia dalam mewujudkan Nawacita Presiden dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Ini merupakan krinduan kita, termasuk Maluku yang berjuang dengan 8 provinsi lainnya dalam memperjuangkan UU kepulauan yang sampai saat ini belum ada kejelasan. Dalam rangka itu, generasi muda lahir untuk memberikan konsep, gagasan baru dalam mewujudkan cita-cita 8 provinsi. Sehingga kemakmuran 8 provinsi kepulauan bukan hanya menjadi harapan, tetapi melalui jambore nasional pemuda maritim, mimpi untuk menjadi pilot project poros mairitim dunai akan terkabul,” ucapnya.

Dikatakan, tema “Beta Indonesia, Beta Bangga Jadi Bangsa Maritim” akan diusulkan menjadi tema kebangkitan maritim Indonesia, dalam mengembangkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.
Headline 5946048389632102446

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang