Kecamatan Nirunmas MTB Masuki Usia ke-13 | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Kecamatan Nirunmas MTB Masuki Usia ke-13

BERITA MALUKU. Kecamatan Nirunmas, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) akan memasuki usia 13 tahun.

"Memasuki usia ke 13, pihak kecamatan akan menginstrospeksi diri dan terus berkarya untuk memajukan wilayah ini," kata Camat Nirunmas, Somalay Batlayeri, SSTP kepada Berita Maluku Online di ruang kerjanya, Rabu (15/6/2016).

Batlayeri mengatakan, awalnya kecamatan Nirunmas ditetapkan pada tanggal 3 Juni tahun 2003 tetapi diresmikan menjadi kecamatan definitif pada tanggal 21 Juni 2003, sehingga sudah berusia 13 tahun.

Dalam rangka memeriahkan puncak HUT Nirunmas, Batlayeri mengakui, tidak merayakan secara besar-besaran namun dirayakan dengan semangat kesederhanaan, mengingat ada dua desa di kecamatan yakni desa Watmuri dan Desa Arma, masih dicap sebagai desa tertinggal oleh pihak Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) RI.

“Lewat keputusan menteri itulah  maka kami mengevaluasi diri untuk tidak dilakukan hal–hal yang istimewa dalam HUT Kecamatan Nirunmasa kali ini,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, masyarakat Kecamatan Nirunmas terdiri dari lima desa, yakni Desa Arma, Watmuri, Manglusi, Tutukembong dan desa Waturu dengan jumlah penduduk sebanyak 7.702 orang.

Dikatakan, tak ada perayaan mewah dalam puncak perayaan HUT, namun pihak kecamatan akan mendorong ke tingkat desa sampai ke tingkat RT/RW untuk bagaimana bisa menciptakan nuansa tersendiri bagi kecamatan ini dengan meningkatkan sejumlah produk unggulan dari desa-desa yang ada di wilayah ini.

Batlayeri menjelaskan, masing-masing desa akan berlomba menciptakan daya saing pada puncak perayaan HUT, seperti menampilkan produk unggulan dari sektor pertanian atau perkebunan milik masyarakat desa yang sudah  ada selama ini.

Desa Waturu telah menyatakan bahwa mereka termasuk desa penghasil bawang merah dan singkong terbanyak, dan telah dibuat kelompok pemberdayaan masyarakat untuk kegiatan-kegiatan yang sifatnya memajukan sektor pertanian dan perkebunan rakyat.

Selain itu juga telah dibuat asistensi dari tiap desa untuk menunjukan “one desa one produk.” 

“Dan nanti pada puncak perayaan HUT Kecamatan Nirunmas akan diundang Bupati Bito Temmar untuk pencanangan  sejumlah produk unggulan desa, baik yang ditunjang oleh APBD maupun lainnya,” kata camat yang dekat dengan masyaakat ini. (HT-EBe)
Daerah 4094070908203196299

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang