Untuk Pasar Murah, Disperindag Maluku Minta Lima Kontainer Gula | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Untuk Pasar Murah, Disperindag Maluku Minta Lima Kontainer Gula

BERITA MALUKU. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku saat ini sedang melakukan koordinasi dengan perusahaan perdagangan Indonesia (PPI) yang ditunjuk Kementerian Perdagangan sebagai pemasok gula kristal putih agar dalam waktu dekat bisa mengirimkan lima kontainer gula pasir ke Maluku.

"Lima kontainer berarti bisa mencapai 150 ton yang akan digunakan bagi kegiatan pasar murah 11 kabupaten dan kota yang ada di daerah ini," kata Kabid Perdagangan dalam Negeri Disperindag Maluku Bustaman Ohorella di Ambon, Kamis (16/6/2016).

Sedangkan daerah yang baru melaksanakan operasi pasar murah dengan menjual gula pasir kristal putih yakni Kabupaten Buru Selatan (Bursel).

"Kebetulan pengiriman yang dilakukan awal bulan Juni itu hanya satu kontainer kita langsung mengirim lima ton ke sana guna melakukan pasar murah, sebab di Bursel sekarang ini harga gula pasir mencapai Rp22.000/kg, dan di Kabupaten Buru yakni Namlea Rp20.000/kg," katanya.

Karena itu pengiriman yang sedang direncanakan itu, lanjutnya, setelah tiba di Ambon nanti akan di kirim ke Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Seram Bagian Barat (SBB), kemudian Seram Bagian Timur (SBT) dan daerah lainnya di Maluku.

"Kami takut menjelang hari raya lebaran harga gila pasir di pasaran akan terus bergerak naik karena itu Pemerintah mengantisipasi dengan kegiatan operasi pasar murah," ujarnya.

Harga gula pasir di pasar sekarang ini tidak stabil, lanjutnya, kita bisa lihat saja setelah terjadi gejolak harga pada bulan Mei hingga mencapai Rp17.000/kg bertahan hingga awal bulan Juni, dan sekarang naik lagi Rp18.000/kg.

Karena itu masyarakat di daerah ini memanfaatkan kegiatan pasar murah terutama operasi pasar gula pasir yang dijual dengan harga Rp14.000/kg, kemudian nanti menjelang H-7 perayaan lebaran Disperindag kembali melakukan pasar murah di pelataran lapangan merdeka dengan menjual sejumlah barang kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau.
Ekonomi 84337986953709806

Poskan Komentar

  1. Program Pasar Murah adalah program yg mubazir jika d'lihat dari jangkauan efeknya terhadap masyarakat. Pertama, program ini sama sekali tdk mampu memperngaruhi harga di pasar. Krn kegiatannya hanya berlangsung dlm hitungan jam dgn stok barang yg sangat terbatas. Kedua, namun lehih mendasar adalah bahwa jumlah warga yg tercover/terjangkau dan dpt merasakan manfaatn program ini terlalu sedikit. Krn kegiatan ini d'lakukan paling jauh ke bawah hanya sampai tingkat ibu kota Kabupaten.
    Sementara penduduk terbanyak republik ini hidupnya di pelosok2 negri yg jauh. yg tdk pernah terjangkau oleh kegiatan Pasar Murah itu. Akan lebih efektif jika anggaran pasar murah itu d'ganti saja dgn melahirkan Regulasi yg memiliki daya kontrol yg kuat terhadap harga2 yg biasanya melonjak tak terkendali pada setiap momen2 khusus (Natal & Lebaran).

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang