Sejumlah Objek Wisata di Ambon Sepi Pengunjung | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Sejumlah Objek Wisata di Ambon Sepi Pengunjung

Pintu Kota
BERITA MALUKU. Sejumlah objek wisata pantai di Kota Ambon seperti Namalatu, Pintu Kota dan Santai Beach di Desa Latuhalat sepi pengunjung, kendati libur panjang dalam rangka Hari Kenaikan Isa Almasih dan Isra Mi'raj.

Pantauan di tiga lokasi pantai tersebut pada Kamis (5/5/2016) menunjukkan tidak terjadi lonjakan pengunjung sejak pukul, 10.00 hingga 15.00 WIT.

"Sejak pagi hingga 13.00siang karcis yang terjual hanya 50 lembar. Mungkin sampai sore tidak akan lebih dari 100 pengunjung yang masuk," kata Merry, petugas pintu masuk objek wisata pantai Pintu Kota.

Para pengunjung yang masuk lokasi Pintu Kota harus membayar karcis Rp2.000/orang, sedangkan sepeda motor Rp5.000 dan mobil Rp10.000..

Ditanya situasi seperti ini apakah terjadi juga pada hari-hari libur lainnya seperti hari Minggu, Merry mengatakan, tergantung juga, seperti hari Minggu lalu (1/5) pengunjung yang datang 100 orang, sementara minggu sebelumnya hanya 25 orang.

Pantauan di lokasi wisata pantai Santai Beach juga sepi, sejak pagi hari pukul,10.00 WIT sampai siang hari pukul,13.00 WIT pengunjung yang datang baru 120 orang.

Rudy, petugas pintu masuk di lokasi itu, mengatakan, masyarakat umumnya datang untuk menikmati udara pantai, berenang, menyelam sambil menikmati kelapa muda, rujak dan berbagai jajanan yang ada di lokasi tersebut.

"Umumnya para pengunjung yang datang dengan kendaraan baik roda dua maupun roda empat tidak dipungut biaya, kecuali pengunjung diharuskan membeli karcis masuk sebesar Rp4.000/orang," ujarnya.

Remon (50), salah seorang pengunjung di lokasi wisata Santai Beach ketika dikonfirmasi terkait situasi dan kondisi kawasan wisata tersebut mengatakan, lokasi wisata ini sangat menarik selain udara sejuk dan pantainya yang sangat bagus untuk berenang juga bisa menikmati aneka jajanan.

"Hanya saja ada informasi dari beberapa pengunjung yang datang mengatakan hari-hari libur sebelumnya banyak pengunjung yang datang ke lokasi Santai Beach ini, tetapi sekarang agak berkurang sebab banyak fasilitas pendukung yang sudah rusak," ujarnya.

Memang saya lihat sendiri, lanjutnya, ada beberapa ruang ganti yang digunakan pengunjung setelah berenang dan berganti pakian untuk kembali pulang pintu-pintu masuk sudah rusak dan dibiarkan begitu saja, kemudian air tawar juga tidak mengalir dengan baik, hal itu yang membuat pengunjung mulai berkurang.

Wem (55), petugas pintu masuk lokasi obyek wisata pantai pantai Namalatu ketika ditemui di depan pintu masuk mengatakan, sejak pagi hingga siang hari ini sudah 75 orang pengunjung yang datang.

"Kami berharap sampai sore hari bisa mencapai 100 orang, sebab masih sepi, mungkin besok atau lusa ada pengunjung yang datang kebetulan lagi libur panjang," ujarnya.

Dia menambahkan, lokasi pantai Namalatu sekarang ini sementara dibenahi untuk memperindah sekaligus menarik pengunjung yang datang, apalagi beberapa lokasi pantai sedang dibangun tempok penahan ombak dari Dinas PU Provinsi Maluku.

Selain itu menurutnya, ada sedikit perubahan di karcis masuk dimana yang tadinya hanya Rp3.000/orang sekali masuk sekarang Rp3.200, dengan perhitungan karcis masuk milik Pemda sebesar Rp3.000 dan untuk Desa Rp200, sedangkan untuk mobil Rp5.000 dan sepeda motor Rp3.000.
Pariwisata 60757644254479254

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang