Produksi Beras di Maluku Naikan 14,63 Persen | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Produksi Beras di Maluku Naikan 14,63 Persen

BERITA MALUKU. Dalam tahun 2015 lalu, produksi beras Provinsi Maluku mengalami kenaikan mencapai 117.791 ton Gabah Kering Giling atau naik 14,63 % dari produksi tahun 2014.

“Pencapaian ini disebabkan oleh kenaikan produktivitas padi yang telah mencapai 5,6 ton/ha,” ujar Gubernur Maluku Said Assagaff, Senin (7/3/2016). 

Dikatakan, hal ini merupakan kemajuan yang cukup berarti, karena setelah dikonversi, produksi padi ini setara dengan 70.675 ton beras atau mampu memenuhi 56 % kebutuhan beras masyarakat Maluku yang mencapai 126.413 ton pada tahun 2015. Begitu juga dengan sub sektor lainnya, seperti peternakan, perkebunan dan hortikultura, telah menunjukan pertumbuhan dalam sisi produksi jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Sementara itu, untuk pertumbuhan ekonomi daerah Maluku, sesuai kajian Bank Indonesia pada tahun 2016 diperkirakan relatif rendah dan cenderung fluktuatif. Hal ini disebabkan oleh masih rendahnya kinerja ekonomi daerah, faktor cuaca, ketergantungan pada daerah lain, perkembangan harga komoditas di pasaran dunia, moratorium di sektor perikanan, ataupun pertumbuhan ekonomi yang melambat pada skala global, sehingga turut mempengaruhi permintaan ekspor komoditas serta kunjungan wisatawan.

“Oleh karena itu, diperlukan sinergi multi-pihak untuk melakukan pembenahan terhadap berbagai sektor ekonomi, perbaikan infrastruktur, serta peningkatan daya saing produk dan sumber daya manusia,” ucapnya.

Ditambahkan, pada sisi lain, inflasi tahun 2016 diperkirakan juga akan berkisar 5 % atau lebih tinggi dari angka nasional yang berkisar 4 %.

Salah satu penyebab inflasi di Maluku, dalam kenyataannya adalah sub sektor hortikultura seperti sayuran, bawang merah dan cabe rawit.

“Dengan demikian sektor pertanian perlu berbenah, agar mampu menurunkan inflasi dengan memanfaatkan sumberdaya dan teknologi yang dimiliki,” tuturnya.
Ekonomi 506235684505934968

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang