Dharma Oratmangun Daftar ke Partai Golkar Jadi Bacalbub Malra | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Dharma Oratmangun Daftar ke Partai Golkar Jadi Bacalbub Malra

BERITA MALUKU. Bakal calon Bupati (Bacalbub) Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Dharma Oratmangun mendatangi kantor DPD I Golkar Maluku untuk mengambil formulir pendaftaran tanpa disertai pengerahan massa pendukung.

Kehadiran Dharma disambut Wakil Sekretaris tim penjaringan dan penyaringan DPD I Golkar Maluku, Pieter Manuputty bersama anggotanya Hanny Pariela di Ambon, Senin (7/3/2016).

Dharma yang merupakan kader senior Partai Golkar dan juga Ketua DPP parpol berlambang pohon beringin ini menyatakan tetap mengikuti mekanisme yang berlaku.

Wakil Sekretaris tim penjaringan, Pieter Manuputty mengatakan, kehadiran Dharma Oratmangun di DPD I untuk mendaftarkan diri dan mengambil formulir secara langsung serta melibatkan rekan-rekan media merupakan langkah yang baik.

"Sejumlah dokumen yang dibawa seperti biodata hingga hasil survei sebuah lembaga independen kepada tim akan dipelajari," katanya.

Pendaftaran ini akan berakhir tanggal 15 Maret 2017 dan nantinya dilanjutkan dengan uji kelaikan dan kepatutan yang dilakukan tim seleksi terhadap semua bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah pada empat kabupaten dan satu kota di Maluku.

Anggota tim penjaringan, Hany Pariela mengatakan, formulir yang telah diambil nantinya dapat dikembalikan secara langsung kepada pihak panitia penjaringan di DPD II Kabupaten MTB.

"Memang tidak mutlak pengembalian formulirnya ke DPD II karena bisa juga kepada kami di provinsi," ujarnya.

Tetapi pengembalian formulir pendaftaran ke DPD II dimaksudkan agar mereka di sana juga termotivasi dan merupakan suatu penghargaan bagi teman-teman di Kabupaten MTB yang merupakan daerah penyelenggaraan pilkada serentak 15 Februari 2017.

Sementara Dharma menyatakan akan menyiapkan diri untuk maju sebagai calon kepala daerah di Kabupaten MTB periode 2017-2022.

"Meski pun selaku kader partai, kami tetap mengikuti aturan main yang berlaku mulai dari proses pendaftaran bakal calon dan siap menjalankan perintah politik partai, kecuali untuk kader lain harus dilakukan kontrak politik," katanya.

Dia juga mengatakan saat ini ada rumor beredar beredar di masyarakat bahwa ada parpol yang sudah mengeluarkan rekomendasi baru dilakukan pendaftaran.

"Kalau itu benar terjadi maka parpolnya harus didiskualifikasi sebab melanggar undang-undang," tandasnya.

Di Partai Golkar, baik kader atau pun simpatisan mengikuti formulasi pendaftaran secara baik dan kemudian dilakukan seleksi, kemudian ada pernyataan tidak mengundurkan diri sebagai balon, dan diikutsertakan dalam survei yang dilakukan lembaga independen.

Termasuk didalamnya bersedia menjadi calon kepala daerah atau wakil, serta pernyataan bersedia mengundurkan diri dari jabatan sebagai PNS, anggota TNI/Polri atau pun legislatif "Nantinya saya juga ketika diproses dan jika diusulkan dari Partai Golkar maka saya siap mengundurkan diri sebagai anggota DPRD provinsi periode 2014-2019," ujarnya.

Selain biodata yang dan sejumlah berkas dokumen lainnya yang diajukan Dharma kepada tim penjaringan dan penyaringan, pihaknya juga menyertakan dokumen hasil survei dari tim survei independen Koalisi Kerasulan Awam Keuskupan Amboina.

Lembaga ini melakukan survei pada September 2015 dan Januari 2016 yang mendapati posisi Dharma sebagai urutan teratas tingkat popularitas, akseptabilitas, serta elektabilitas di mata masyarakat MTB dibanding belasan kandidat lainnya.
Pilkada Maluku 6204689601568695498

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang