Gubernur: Lulusan Politeknik Ambon Harus Memiliki Ketrampilan Berskala Asean | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Gubernur: Lulusan Politeknik Ambon Harus Memiliki Ketrampilan Berskala Asean

BERITA MALUKU. Gubernur Maluku, Said Assagaff meminta, para pengelola pendidikan di Politeknik Negeri Ambon dapat menghasilkan lulusan yang cerdas dan memiliki daya saing serta ketrampilan berskala Asean.

"Untuk menciptakan SDM yang produktif teristimewa menghadapi pemberlakuan masyarakat ekonomi Asean diakhir tahun 2016 nanti, maka Politeknik Ambon diharapkan memegang peranan penting dalam menciptakan sumberdaya yang produktif. Hal itu dimaksud agar jumlah SDM produktif Indonesia yang dominan selama beberapa tahun mendatang dapat berpotensi menjadi bonus demografi," kata Gubernur saat memberikan sambutannya pada pelaksanaan Wisuda ke X Program Diploma III Politeknik Negeri Ambon, yang berlangsung di aula kampus Politeknik, Sabtu (14/11/2015).

Gubernur yang diwakili Staf Ahli Gubernur Maluku Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Roy Halattu, SSos. MAP mengatakan, ketrampilan yang dipersyaratkan hanya bisa diperoleh di lembaga pendidikan tinggi yang menunjang keahlian terapan tertentu seperti di Politeknik Ambon ini.

"Namun sebaliknya, jika ketrampilan gagal diperoleh maka saya yakin bonus demografi itu akan berubah menjadi bencana dan SDM akan menjadi beban negara dan berpotensi menimbulkan bencana ekonomi," kata Gubernur.

Menurut Gunernur, bahwa dalam pemberlakuan masyarakat ekonomi Asean, akan ada banyak tenaga kerja asing yang memiliki kebebasan bermobilitas di seluruh negara-negara Asean.

"Hanya tuntutan ketrampilan saja yang bisa membatasi mobilitas tenaga kerja asing. Karena itu, Politeknik Ambon harus mampu menghasilkan lulusan yang memiliki ketrampilan berskala Asean agar dengan mudah mendapat pengakuan dari sesama anggota negara Asean," katanya.

Dengan keteampilan berskala Asean tersebut dapat mempermudah lulusan membuat kesempatan kerja di Indonesia semakin ketat persaingannya karena negara ini akan menjadi arena kompetisi tenaga-tenaga kerja dari seluruh negara Asean.

Gubernur harapkan, agar berbagai jenis ketrampilan harus diselenggarakan di lembaga pendidikan tinggi ini guna memenuhi kebutuhan ketrampilan yang semakin beragam dan tinggi kualifikasinya.

"Tentu bukan meningkatkan kualitas intelektual saja tetapi kualitas emosional maupun kualitas spiritual agar dapat bersaing secara intelegencia serta memiliki moralitas dan berlaku sebagai generasi penerus bangsa," ungkapnya.

Gubernur juga mengatakan bahwa dengan penyelenggaraan Wisuda ke X merupakan bukti nyata bahwa Politeknik Negeri Ambon dari tahun ke tahun selalu membenahi diri dan berusaha menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, profesional dan berdaya saing serta berwawasan jauh kedepan.
Pendidikan 6943561913836346593

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang