Lomba Layar Darwin-Ambon, Spirit Pertama Masuk Finish | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Lomba Layar Darwin-Ambon, Spirit Pertama Masuk Finish

BERITA MALUKU. Perahu layar "Spirit" merupakan peserta lomba layar Internasional Darwin Ambon Yacht Race (DAYR) 2015 yang masuk finish pertama di pantai wisata Negeri Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Perahu layar Spirit jenis Catamarans asal Amsterdam, Belanda, dengan kapten Jazon Gard bersama beberapa anak buahnya tiba di garis finis pada Selasa (8/9/2015) pukul 06.15 WIT dan disambut oleh Panitia lokal dan masyarakat Amahusu dengan musik tifa totobuang.

"Perahu peserta kedua yang akan masuk finish nanti diperkirakan satu jam lagi sebab sudah berada di perairan Pulau Ambon," kata Ary anggota Panitia Lokal yang didampingi oleh Jimmy panitia lomba layar asal Kota Darwin yang sudah berada di lokasi finish Negeri Amahusu sejak hari Senin.

Ary menjelaskan, sebenarnya perahu layar Spirit sudah masuk finis tepat pukul,6.00 WIT, hanya saja setelah memasuki pantai Amahusu tiupan angin berhenti membuat kapal layar tersebut tidak dapat maju ke lokasi finis.

"Hari ini (Selasa) perahu akan masuk berturut-turut sebab posisi angin di perairan Maluku Tenggara Barat (MTB) cukup bagus hingga masuk perairan Pulau Ambon," ujarnya.

Perlombaan pada 2015 sangat bagus, lanjutnya, sebab didukung dengan kecepatan angin yang bertiup sejak dilepas dari pantai Darwin pada Sabtu (5/9) pukul 11.00 waktu Darwin sampai masuk perairan Indonesia terutama Kabupaten MTB angin tetap bertiup.

"Kecuali pada saat perahu memasuki perairan dalam Tanjung Nusaniwe (P.Ambon) situasi tiupan angin agak berkurang, bahkan mendekati lokasi finis angin berhenti meniup seperti yang dialami perahu Spirit menjelang masuk finis," kata Ary.

Sedangkan jumlah peserta perahu layar yang mengikuti lomba tersebut sebanyak 24 perahu peserta.

Panitia memprakirakan hanya sebanyak 23 perahu masuk finish karena diinformasikan satu perahu tidak melanjutkan pelayaran dan kembali ke Darwin akibat mengalami gangguan. (Ant/bm 01)

Ambon 7507563473390818036

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang