TP PKK Bursel Sukseskan Gerakan Setengah Milyar Masker Gratis | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

TP PKK Bursel Sukseskan Gerakan Setengah Milyar Masker Gratis

NAMROLE - BERITA MALUKU. Masyarakat Namrole, ibukota Kabupaten Buru Selatan (Bursel) kembali mendapatkan masker gratis dari Tim Penggerak PKK, Minggu (9/8/2020.

Pembagian masker gratis kepada masyarakat ini dikomandoi ketua Tim Penggerak PKK, Safitri Malik Soulisa sesuai instruksi Presiden melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menyelenggarakan "Gerakan Setengah Milyar Masker".

Instruksi berdasarkan surat Kemendes nomor 5.2291/HM.01.03/VIII/2020 dan intruksi yang bersifat penting ini ditujukan kepada, pertama, Kepala Desa wajib menyiapkan masker kain yang dapat dicuci kembali sebanyak 4 buah kepada setiap warga, 2 masker diadakan dengan Dana Desa melalui Bundes, sedangkan 2 masker lainnya melalui swadaya warga yang mampu.

Dua, desain masker berlogo ulang tahun ke 75 Republik Indonesia dapat diunduh di www.kemendesa.go.id. Tiga, distribusi dan sosialisasi dilaksanakan dari rumah ke rumah oleh ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahtran Keluarga (PKK).

Empat, Gerakan Setengah Milyar Masker dilakukan sejak surat ini dikeluarkan. Lima, hal lain dapat ditanyakan ke call center Kemendes PDTT 1500040 atau layanan Whatshap 0877 8899 0040.

Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Buru Selatan, Waemesse mengatakan, yang dilakukan pihaknya ini sesuai intruksi dari Pemerintah Pusat kepada seluruh ibu-ibu PKK seluruh Indonesia, dan PKK Kabupaten Buru Selatan turut melaksanakan pembagian masker gratis ini kepada masyarakat.

"Ini gerakan nasional yaitu gerakan setengah milyar masker, untuk dibagikan kepada masyarakat. Dan kami dari TP PKK Kabupaten Buru Selatan menyiapkan 2 ribu masker untuk dibagikan kepada masyarakat di enam kecamatan," jelas Waimesse.

Waimesse katakan, pembagian masker gratis ini sudah dilakukan sebelumnya kepada masyarakat, dan saat ini pihaknya turut melaksanakan gerakan nasional pembagian masker gratis ini.

"Kami harapkan masyarakat selalu memakai masker saat berada di tempat-tempat keramaian seperti di pasar, swalayan dan lainnya. Marilah kita hidup bersih hidup sehat," harapnya.

Antusias masyarakat terhadap pemberian masker gratis ini sangat membantu masyarakat yang belum memiliki masker. Dan yang pernah memiliki masker masih menginginkan masker agar dapat dipakai secara bergantian.

Salah satu warga kota Namrole Mahmud Souwakil yang ikut mendapat pembagian masker gratis mengaku sangat senang. Dikatakan, dirinya punya beberapa masker di rumah, namun ia ingin menggunakannya secara bergantian.

"Saya tiap hari pakai masker kalau keluar rumah apalagi kalau ke pasar, pasti saya pakai masker, ganti-ganti pakai masker, kotor cuci lagi," ujar Souwakil.

Hal serupa disampaikan warga lainnya ibu Nisa. Ibu rumah tangga ini katakan, persoalan Virus Corona ini belum selesai sehingga pembagian masker gratis ini sangat bermanfaat sekali bagi dirinya dan orang lain. (AZMI)
Daerah 5368035167537358832
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks