Pangdam Pattimura Pimpin Upacara HUT ke -69 Infanteri | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pangdam Pattimura Pimpin Upacara HUT ke -69 Infanteri

BERITA MALUKU. Panglima Komandao Daerah Militer ( Pangdam) XVI/Pattimura, Mayjen TNI Suko Pranoto memimpin Upacara peringatan ke – 69 HUT Infanteri, berlangsung di lapangan Mako Rindam XVI/Pattimura, Desa Suli, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (18/12/2017).

Siaran pers Pendam XVI/Pattimura kepada media ini menyebutkan, Hari Ulang tahun (HUT) Infanteri kali ini mengusung tema “Dilandasi Semangat Yudha Wastu Pramuka, Prajurit Infanteri Bersama Rakyat, Kuat, Mandiri Dan Berkepribadian Guna Memperkokoh Kemanunggalan TNI-Rakyat”.

Saat membacakan amanat Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri (Danpusenif), Pangdam menjelaskan, tema tersebut mencerminkan komitmen dan tekad yang kuat prajurit dan satuan infanteri untuk menjadi profesional, modern dan militan, sebagai petarung yang handal dalam pertempuran.

Makna tema tersebut juga memancarkan semangat pengabdian dan perjuangan tanpa akhir untuk terus memperkokoh kemanunggalannya dengan rakyat serta membangun sinergitas dengan segenap komponen bangsa lainnya sebagai kekuatan bela negara dalam sistem pertahanan semesta.

Ia juga mengatakan, tantangan tugas ke depan akan semakin kompleks dan dinamis dengan berubahnya karateristik bentuk ancaman di abad ke-21, yang mengedepankan teknologi modern.

Respon dalam menyikapi hal tersebut, sejalan dengan kebijakan pimpinan TNI AD terhadap transformasi dan modernisasi alutsista yang telah direalisasikan secara bertahap, serta Keberadaan satuan-satuan infanteri yang dilengkapi dengan alutsista dan perlengkapan tempur yang modern, memberikan semangat baru untuk terus mengantisipasi berbagai perubahan dengan melakukan revisi, reaktualisasi, reorganisasi dan redifinisi doktrin, strategi dan taktik bertempur, untuk mampu mengimbangi pola pertempuran modern ke depan.

“Sebagai insan prajurit sejati, tugas adalah kehormatan, tugas berat tapi mulia, itulah karakter yang harus tetap terpelihara dan tertanam pada setiap dada prajurit infanteri dimanapun berada dan bertugas,” ucapnya.

“Konsekuensi logis keberadaan satuan dan prajurit infanteri yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, tidak akan terlepas keberadaannya dengan lingkungan masyarakat.  Prajurit infanteri kuat bersama rakyat merupakan cerminan jati dirinya sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional,” katanya.

“Prajurit infanteri dan rakyat merupakan satu hal yang tidak dapat dipisahkan dan merupakan amanat konstitusi yang menegaskan bahwa, sistem pertahanan semesta menjadi pilihan terbaik bangsa dalam mempertahankan NKRI,” tutup Pangdam.

Upacara tersebut turut dihadiri Kasdam XVI/pattimura, Brigjen TNI Tri Soewandono, Danlanud Pattimura, Danlantamal IX/Ambon, Waka Polda Maluku, Pa Ahli Kodam XVI/Pattimura, Kabagum Rindam XVI/Pattimura, Aslog Lantamal IX/Ambon, Pa LO AL, Pa LO AU, Karo Ops Polda Maluku, Dir Shabara Polda Maluku, Kabid Propam Polda Maluku, Dansat dan Kabalak jajaran Kodam XVI/Pattimura.

Dalam kegiatan tersebut juga diumumkan pemenang lomba Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya.

Juara 1 Peleton Inti dengan nilai 975,50 diraih oleh Peleton 4 Yonif Raider 733/Masariku, Juara 2 Peleton Inti dengan nilai 962,00 diraih oleh Peleton 3 Yonif Raider 733/Masariku dan Juara 3 Peleton Inti dengan nilai 959,25 dengan nilai 959,25 diraih oleh Peleton 2 Yonif 731/Kabaresi. Sedangkan untuk Juara 1 Peleton Pengantar Non TNI dengan nilai 936,50 diraih oleh Brimob Maluku dan Juara 2 Peleton Pengantar TNI dengan nilai 981,50 diraih oleh Peleton 2 Denkav 5/BLC.
TNI-Polri 6314445891640319697
Beranda item

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang