Besok, Imigrasi Ambon Pulangkan 10 Warga Philipina | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Besok, Imigrasi Ambon Pulangkan 10 Warga Philipina

BERITA MALUKU. Kantor Imigrasi Kelas I Ambon besok Selasa (24/10) akan memulangkan sedikitnya 10 warga negara asing (WNA) asal Filipina ke negara asal.

"Mereka ini akan kita pulangkan dengan pesawat udara melalui Bandara Internasional Pattimura, Ambon, menuju Bandara Internasional Soekarno Hata dan selanjutnya menuju Filipina dengan menumpang jasa penerbangan Garuda Indonesia AirLines pada pukul,14.55 WIT," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Ambon Mas Budi Priyatno di Ambon, Senin (23/10/2017).

Dia mengatakan, 10 warga negara Filipina ini merupakan eks dari anak buah kapal nelayan tradisional yang berbasis di Ambon.

"Ke-10 warga Filipina ini juga merupakan sebagian dari 42 warga Philipina yang ditahan berdasarkan hasil pendataan atas kerja sama dengan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX/Ambon dibantu koramil dan polsek setempat di Kecamatan Baguala pada 13-14 Juni 2017," ujarnya.

Jadi mereka semua ini selama berada di Maluku bekerja sebagai nelayan, setelah ditahan dan dilakukan kontak dengan Konsulat Jenderal (Konjen) Philipina yang ada di Manado, Sulawesi Utara, ternyata baru 11 orang saja yang baru dikeluarkan dokumen untuk pemulangan ke negara asal.

Dia mengatakan, sebenarnya rencana pemulangan di besok hari tercatat ada 11 orang warga Philipina, namun satu melarikan diri ke Pulau Seram dengan alasan mengunjungi istri dan anak.

"Guna menemukan kembali WNA tersebut Imigrasi Ambon sedang melakukan kerja sama dengan tim pengawasan orang asing yang ada di kabupaten untuk melakukan pengecekan," ujarnya," ujarnya.

Yang pasti, lanjutnya, 32 orang lainnya yang masih berada di Ambon akan diusahakan untuk proses pemulangan secara bertahap hingga selesai.

Sedangkan 10 orang yang siap untuk pemulangan besok, Selasa (24/10) kini sudah berada di ruang tahanan Kantor Imigrasi Kelas Satu Ambon di Kelurahan Kudamati bersiap-siap untuk dipulangkan melalui Jakarta.
Aneka 1999893805717247299

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang