Usemahu: Desain Bendungan Way Apu Masih Disempurnakan | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Usemahu: Desain Bendungan Way Apu Masih Disempurnakan

BERITA MALUKU. Bendungan Dam Way Apu, di pulau Buru, salah satu dari 65 program bendungan kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), dalam mewujudkan ketahanan pangan di tanah air.

Menurut Kepala Dinas PU Maluku, Ismail Usemahu, bahwa desain bendungan dam Way Apu, sampai saat ini masih dalam proses penyempurnaan.

“Kita tahu, bahwa pembangunan Dam ini harus ada sertifikasi sebab memiliki daya tampung jutaan kubik. untuk itu harus ada sertifikasi,” ujar Usemahu kepda wartawan di Ambon, Minggu kemarin.

Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan kepala Balai Wilah Sungai Maluku, agar dalam waktu dekat sudah mulai dilakukan proses pencanngan bendungan Dam Way Apu.

Dijelaskan, bendungan Way Apu memiliki volume tampung sebesar 15 juta meter kubik yang akan mengairi irigasi seluas 2,9 hektare, untuk air baku 1,04 meter per detik, dan lsitrik sebesar 3,2 megawatt.

Balai wilayah sungai Maluku Ditjen SDA Kemenpuperjuga tenggah melakasnakan program percepaan dan perluasan pembangunan infrastruktur sumber daya air irigasi kecil (P4-ISDA), serta program percepata peningkatan tata guna air irigasi (P3 TGAI)

Program P4-ISDA dan P3 TGAI ini dilakukan untuk menyediakan air bagi kawasan pertanian melalui pemeliharaan, rehasilitasi dan peningkatan jaringan irigasi kecil (seluas kurang lebih 150 hekater).

Irigasi tersier dan irigasi desa yang dilakukan dengan cara pemberdayaan petani pemakai air (p3A) atau gabungan perkumpulan petani pemakai air (GP3A) atau induk petani pemakai air.

Program menyasar kepada sebanyak 30 desa yang ada di pulau Buru dan Pulau Seram, dengan anggaran sebesar Rp5,3 miliar.
Proyek 1837686864352316077

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang