Harga Cabai di Ambon Bergerak Naik | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Harga Cabai di Ambon Bergerak Naik

BERITA MALUKU. Harga cabai rawit merah di pasar tradisional Kota Ambon, Maluku yang ditawarkan para pedagang eceran kembali bergerak naik hingga Rp150.000 per kilogram.

Pantauan Antara di pasar Mardika dan Gotong Royong Kota Ambon, Senin (6/3/2017) para pedagang memasang harga cabai rawit mulai dari Rp140.000 hingga Rp150.000/kg, naik dari sebelumnya yang seharga Rp100.000/kg, pada awal Maret.

"Sungguh luar biasa kenaikan harga cabai di Ambon, mungkin para pedagang mengikuti perkembangan harga yang mereka lihat dan dengar di layar televisi," kata Marrya, ibu rumah tangga yang menekuni usaha restoran di salah satu sudut Kota Ambon.

Menurut dia, sekarang ini harga cabai di hampir sebagian besar wilayah Pulau Jawa naik.

Ia juga mengatakan, sebenarnya stok cabai rawit di pasar Mardika saat ini cukup banyak, tetapi anehnya cabai rawit dan cabai merah biasa sama-sama naik harganya.

"Di Pulau Jawa harga cabai rawit memang di atas Rp100.000/kg, sedangkan harga cabai merah biasa itu hanya Rp50.000 hingga Rp60.000.kg. Harga cabai keriting di Kota Ambon sekarang ini Rp40.000/kg," ujarnya.

Berbeda dari Marrya, pedagang cabai di Pasar Mardika bernama Jody mengatakan pasokan sudah sangat berkurang dari petani.

"Kalau yang terlihat cukup banyak itu pedagang memanfaatkan kesempatan untuk menjual dengan harga mahal. Kemungkinan besar mereka juga mendengar akan terjadi perubahan naik harga cabai, dan sekarang memang betul terjadi perubahan harga naik," katanya.

Selain itu, lanjutnya, bisa saja para pedagang membeli cabai dari tengkulak sehingga harganya di pasar pasti tinggi.

Jody menyatakan dirinya dan pedagang lain hingga saat ini belum membeli dari petani.

"Informasi yang berkembang, musim penghujan sekarang ini turut mengganggu tanaman cabai sehingga mempengaruhi masa panen juga," ujarnya.

"Akibatnya pasokan dari petani ke pasar tradisional Kota Ambon agak berkurang. Kalau cabai keriting, selain produksi petani lokal juga ada yang didatangkan dari Surabaya untuk memenuhi permintaan pasar," katanya.
Ekonomi 7032942814009370636

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang