Danlantamal IX Pimpin Rapat Kesiapan Penenggelaman Dua Kapal Asing | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Danlantamal IX Pimpin Rapat Kesiapan Penenggelaman Dua Kapal Asing

BERITA MALUKU. Komandan Lantamal IX Ambon, Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono, SE., M.Tr (Han) memimpin rapat kesiapan pemusnahan dan penenggelaman barang bukti berupa 2 buah kapal ikan asing yang melakukan penangkapan ikan secara illegal (illegal fishing) di perairan Maluku, diantaranya KM. Sino 26 dan KM. Sino 35.

Rapat yang berlangsung pada, Rabu kemarin (29/3/2017) di ruang rapat Mako Lantamal IX itu, turut dihadiri perwakilan beberapa instansi terkait, seperti Ditpolair Polda Maluku, LO TNI AL Kodam XVII/Patimura, Satgas 115, Tim IT KKP Bakamla Zona Timur, DKP Provinsi Maluku, Kejari Ambon, Telkom dan Telkomsel serta beberapa instansi lainnya.

Rapat itu untuk membahas sejumlah hal penting yang akan‎ dipersiapkan sebelum proses pemusnahan dan penenggelaman kapal ikan asing tersebut, yang rencananya akan dilaksanakan pada 1 April 2017 mendatang. Diantaranya, proses penenggelaman Kapal Ikan Asing (KIA) kali ini memang merupakan suatu proses tindakan hukum yang harus dilakukan sesuai dasar yuridisnya yaitu dari Surat Satgas 115 tentang kegiatan pemusnahan dan penenggelaman barang bukti kapal pelaku penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing).

Selain itu juga dibahas tentang putusan Mahkamah Agung RI, surat perintah pelaksanaan putusan pengadilan tanggal 22 Maret 2017 tentang pemusnahan barang bukti dan Surat Kajari tentang permohonan bantuan pelaksanaan eksekusi, Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia serta sebagai dasar komando yaitu ST Kasal dan ST Pangarmatim tentang dukungan pelaksanaan pemusnahan barang bukti.

Menurut Danlantamal IX, bahwa pihaknya telah menerima pelimpahan dari Kejaksaan Negeri (Kajari) Ambon untuk eksekusi pemusnahan barang bukti KM. Sino 26 dan 35 yang rencananya akan dilaksanakan secara serentak di Perairan Mamala dan Morella Kabupaten Maluku Tengah dan 11 titik daerah lainnya di bawah kendali Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti selaku Komandan Satgas 115 dalam rangka penegakan hukum dan kedaulatan NKRI di laut.

"Jadi berbagai persiapan sudah kita laksanakan, diantaranya pemindahan KM. Sino ke Dermaga Irian Lantamal IX, rapat persiapan awal, survei kapal oleh Tim Demolisi, pemasangan bahan peledak, peninjauan medan, uji jaringan dan live streaming untuk video conference bersama tim IT KKP serta Telkom dan Telkomsel di Desa Morella. Hasil cukup baik yaitu terjalinnya komunikasi baik audio maupun video dengan beberapa titik daerah peledakan," kata Danlantamal. (DISPEN LANTAMAL IX).
TNI-Polri 4946173510071768072
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks