DPRD Kepulauan Aru Apresiasi Perampungan Fasilitas Bandara Rar Gwamar | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

DPRD Kepulauan Aru Apresiasi Perampungan Fasilitas Bandara Rar Gwamar

Ilustrasi
BERITA MALUKU. DPRD Kepulauan Aru, Maluku mengapresiasi perampungan fasilitas Bandara Rar Gwamar yang dibenahi Kementerian Perhubungan melalui anggaran 2015 sehingga memungkinkan pesawat dengan kapasitas lebih dari 60 penumpang bisa dioperasikan.

"Saya memantau pembenahan Bandara Rar Gwamar, lapis tambahan (overlay) landasan pacu sepanjang 1.300 meter maupun pelebaran landasan pacu menjadi 30 meter dari sebelumnya 23 meter," kata Ketua DPRD Kepulauan Aru, Andreas Limbers, dihubungi dari Ambon, Selasa (27/12/2016).

Dia mengemukakan, saat ini yang sedang dirampungkan adalah marga Bandara sehingga awal 2017 kemungkinan maspakai penerbangan lain seperti Wings Air bisa mengoperasikan pesawatnya.

"Pastinya tim dari Direktorat Teknis Kementerian Perhubungan melakukan verifikasi di Bandara Rar Gwamar sebagai persyaratan Menteri Perhubungan menerbitkan rekomendasi kepada maskapai penerbangan lain, menyusul Trigana Air yang selama ini beroperasi," ujar Andreas.

Dia mengemukakan, bila marga Bandara Rar Gwamar rampung, maka DPRD perlu memberikan dukungan kepada Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga untuk meminta Menhub, Budi Karya Sumadi menambah maskapai penerbangan melayani masyarakat.

"Rasanya bila lebih dari satu maskapai penerbangan beroperasi dari bandara internasional Pattimura Ambon ke Bandara Rar Gwamar Pergi Pulang (PP), maka terjamin kelancaran maupun harga tiket cenderung menurun dari saat ini hingga Rp1,7 juta/ penumpang," kata Andreas.

Dia mengakui, bertambahnya maspakai penerbangan beroperasi ke maupun dari Bandara Rar Gwamar, maka mendorong percepatan pembangunan serta mengoptimalisasi mekanisme pemerintahan maupun pelayanan sosial.

"Pastinya terasa untuk investor yang mengembangkan usaha di sektor kelautan dan perikanan karena hasil produksi bisa memanfaatkan jasa cargo penerbangan," tandas Andreas.

Sebelumnya, Kepala Unit Pelayanan Bandara Rar Gwamar Dobo, Januaris Serdurin mengemukakan, pengembangan fasilitas Bandara sepanjang 200 meter dan lebar tujuh meter dilakukan secara bertahap.

Pihaknya melakukan penambahan guna peningkatan dan pengembangan fasilitas Bandara Rar Gwamar, khususnya landasan pacu dari 1,1 KM menjadi 1,3 KM dan lebar 23 meter menjadi 30 meter.

Anggaran pengembangan dan peningkatan fasilitas Bandara Rar Gwamar Dobo, mendapatkan bantuan dari APBD kabupaten Kepulauan Aru sebesar Rp. 10 miliar dan APBN Rp 20 miliar.


Perhubungan 4855507745422116645

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang