Api Hanguskan Belasan Kamar Kos-Kosan di Lorong Valantine Ambon | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Api Hanguskan Belasan Kamar Kos-Kosan di Lorong Valantine Ambon

BERITA MALUKU. Sebanyak 15 kamar kos-kosan, milik Ny. Yolanda Candra, yang berada di lorong Valantine 1, jalan Imam Bonjol, RT 02 - RW 02 Kelurahan Ahusen, Kecamatan Sirimau, Ambon, hangus dilalap api, pada Selasa (6/12/2016) subuh, sekitar pukul 04.00 WIT.

Menurut penuturan salah satu penghuni kos-kosan, api awalnya berasal dari salah satu kamar yang tidak ada penghuninya, sehingga dengan cepat merambat ke seluruh kamar yang ada di lantai tiga.

"Asal api diduga akibat adanya hubungan arus pendek dari sebuah kamar yang tidak ada penghuninya. Karena seluruh bilik kamar terbuat dari tripleks sehingga dengan mudah membuat api merambat dan menghanguskan semua kamar yang letaknya di lantai tiga," kata penghuni yang tidak menyebutkan identitasnya.

Pantauan media ini, sekitar 5 buah mobil pemadam kebakaran (damkar) dan puluhan petugas dikerahkan untuk melakukan pemadaman yang juga dibantu warga.

Beruntung, saat peristiwa itu terjadi, sempat turun hujan sehingga api pun dengan cepat bisa dipadamkan dan tidak merambat ke bangunan lain yang berada di sekitarnya, salah satunya adalah Puskesmas Valantine yang letaknya hanya berjarak setengah meter dari kos-kosan.

Ketua RT 02, John Lesmanut kepada media ini mengaku, pihaknya sulit mendata jumlah penghuni yang menempati kos-kosan milik bos toko Maranz itu.

Menurutnya, bangunan berlantai tiga itu, seluruhnya memiliki 45 buah kamar yang dihuni oleh sekitar ratusan orang.

"Setahu saya, seluruh kamar yang terbakar itu berjumlah 15 buah yang berada di lantai tiga, dari total 45 buah kamar di satu bangunan itu," kata Lesmanut.

Lesmanut mengaku, pihaknya kesulitan mendata seluruh jumlah penghuninya, karena sampai sekarang pemiliknya maupun penghuninya tidak pernah datang melaporkan keberadaan mereka di tempat itu.

"Hal itu yang membuat kami kesulitan mendata," katanya.

Tapi dalam peristiwa itu, menurut Lesmanut, tidak ada korban jiwa.

"Korban jiwa tidak ada, tetapi seluruh harta benda milik korban semuanya hangus terbakar dan korban hanya bisa pasrah dengan menyelamatkan diri dengan hanya pakaian yang melekat di tubuh," jelasnya.

Selain keterangan dari Ketua RT 02 - RW 02 Ahusen, belum ada pihak berwajib yang bisa dimintai keterangan soal peristiwa yang sempat membuat panik penghuni kos-kosan dan warga.

Pemilik gedung tiga lantai itu, Ny. Yolanda Candra tampak mendatangi kos-kosannya, namun dirinya tidak memberikan keterangan karena masih dalam kondisi shock akibat peristiwa itu.
Peristiwa 3112229376371792891

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Indeks

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang