Wabup Malteng: KPN dan Bendahara Harus Mampu Kelola Keuangan dan Aset Negeri | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Wabup Malteng: KPN dan Bendahara Harus Mampu Kelola Keuangan dan Aset Negeri

BERITA MALUKU. Wakil Bupati (Wabup) Maluku Tengah (Malteng) Marlatu Leleury, SE, mengharapkan kepada Kepala pemerintah negeri (KPN)/desa sebagai pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan negeri, agar mampu mengelola uang dan barang.

"Semua hak kewajiban negeri yang dapat dinilai dengan uang yang terkait dengan pelaksanaan hak dan kewajiban pemerintah negeri tentu saja dalam mengelola keuangan negeri, peran dan fungsi bendahara negeri sangat penting dan strategis. Mulai dari aspek perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan penanggungjawabnya," kata Leleury, Kamis (20/10/2016).

Menurut Leleury, semua barang mikik negeri, baik yang berasal dari kekayaan asli negeri yang dibeli, atau diperoleh atas beban APB Negeri atau pengelolaan hak lainnya yang sah harus mampu dikelolah untuk meningkatkan kesejahteraan, kesetaraan dan taraf hidup masyarakat serta meningkatkan pendapatan negeri.

"Kepala pemerintah negeri dan bendahara harus mampu membuktikan pengelolaan aset dan keuangan negeri secara berkelanjutan" tandasnya.

Sejalan dengan hal tersebut sambung Leleury, KPN dan bendahara harus bekerja baik dari perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemanfaatan, pemeliharaan, penghapusan, pemindahtanganan, penatausahaan, pelaporan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian kekayaan atau aset negeri harus dilakukan dalam satu prosedur dan mekanisme administrasi yang memadai sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.

"Yang paling penting bagi saya agar kepala pemerintah negeri dan bendahara hindari praktek curang atau praktek korupsi dana desa kalau tidak mau berada dibalik jeruji besi," ingat Leleury.
Malteng 910628232717701235

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# BERITA RAMADHAN

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang