Seluruh Masyarakat Maluku Diharapkan Tingkatkan Kesadaran Bela Negara | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Seluruh Masyarakat Maluku Diharapkan Tingkatkan Kesadaran Bela Negara

BERITA MALUKU. Era reformasi telah membawa banyak perubahan pada hampir semua aspek kehidupan bangsa dan negara. Ada perubahan yang sifatnya positif, dan bermanfaat bagi masyarakat, tetapi ada juga yang sifatnya negatif, yang pada intinya akan merugikan keutuhan wilayah dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Salah satu dampak buruk yakni memudarnya semmangat nasionalisme dan kecintaan pada negara.

Perbedaan pendapat antar golongan atau ketidaksetujuan dengan kebijakan pemerintah adalah suatu hal yang wajar dalam suatu sistem politik yang demokratis. Namun berbagai tindakan anarkis, konflik SARA dan separatisme yang sering terjadi dengan mengatasnamakan demokrasi menimbulkan kesan bahwa tidak ada lagi semangat kebersamaan sebagai suatu bangsa. Kepentingan kelompok, bahkan kepentingan pribadi, telah menjadi tujuan utama. Semangat untuk membela negara seolah telah memudar.

"untuk itu, seluruh masyarakat Maluku diharapkan terus meningkatkan kesadaran bela negara dan berperan aktif melakukan bela negara secara non fisik, maka berbagai potensi konflik yang pada gilirannya merupakan ancaman, gangguan dan bangsa kiranya akan dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan sama sekal," harap Gubernur Maluku, Said Assagaff dalam sosialisasi pemantapan galang kekuatan bangsa dalam konteks negara bagi tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama di provinsi Maluku, yang berlangsung di Ambon, Rabu (19/10/2016).

Dikatakan, kesadaran bela negara perlu ditanamkan bagi warga negara sipil tidak terkecuali tokoh masyarakat, tokoh ada dan tokoh agama guna menangkal berbagai potensi ancaman, ngangguan, hambatan dan tantangan baik dari luar maupun dari dalam negri. 

Dijelaskan, keterlibatan warga negeri sipil dalam bela negara secara non-fisik dapat dilakukan dengan berbagai bentuk, sepanjang masa dan dalam segala situasi, diantaranya meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara, termasuk menghayati arti demokrasi dengan mengharagai perbedaan pendapat dan tidak memaksakan kehendak, menanamkan kecintaan terhadap tanah air, melalui pengabdian yang tulus kepada masyarakat, berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara dengan bekarya nyata, meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap hukum dan menunjang tinggi hak azasi manusia dan pembekalan mental spiritual di kalangan masyarakat agar dapatr menangkal pengaruh-pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan norma-norma kehidupan bangsa Indonesia.

Orang nomor satu di Maluku ini berpesan, melalui sosialisasi pemantapan galang kekuatan bangsa dalam konteks negara bagi tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama, akan menumbuhkan komitmen semangat bela negara yang tangguh, demi menjaga eksistensi NKRI.
Aneka 6811967594337836557
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks