CAT Hari Pertama, 13 Calon Praja IPDN Lolos Seleksi | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

CAT Hari Pertama, 13 Calon Praja IPDN Lolos Seleksi

BERITA MALUKU. Setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi, 411 peserta calon praja IPDN Tahun 2016 provinsi Maluku, memasuki seleksi Computer Assited Test (CAT).

411 peserta diatur dalam empat kelompok yang sudah ditentukan sesuai hari pelaksaannya, dimulai dari Selasa hingga Jumat ini.

Dalam satu kelompok, peserta terdiri dari 68-75 orang, yang dibagi dalam tiga sesi dengan jumlah peserta berkisar dari 21 hingga 25 orang.

Kepala Bagian, Biro Umum Provinsi Maluku, Bobby Palapia, Selasa (10/5/2016) mengatakan, di hari pertama, yakni Selasa (10/5), seanyak 68 orang mengikuti seleksi CAT, 13 orang dinyatakan lulus sesuai nilai ambang batas yang ditentukan.

“Untuk sesi pertama yang diikuti 21 orang, hanya dua orang yang dinyatakan lulus. Sesi kedua dari 25 orang, enam orang diantaranya dinyatakan lulus. Dan di sesi ketiga, dari 22 orang, 5 diantaranya dinyatakan lulus atau memenuhi syarat,” kata Palapia.

Dijelaskan, ada tiga penilaian yang ditentukan dalam seleksi CAT, yaitu Tes Wawancara Kebangsaan (TWK) dengan nilai 70, Tes Intelegensi Umum (TIU) 75 dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 126.

Dirinya merincikan perhitungan TKW, TIU dam TKP, dimana setiap soal TKW dan TIU yang jawabannya benar mendapatkan nilai lima. Setiap soal TKW dan TIU yang jawabannya salah mendapatkan nilai nol. Setiap soal TKP tidak ada jawaban benar ataupun salah, nilai terkecil menempati nilai satu dan nilai terbesar mendapat nilai lima (skala 1-2-3-4-5). Dimana total nilai tertinggi TKW, TIU dan TKP adalah 500 atau semua jawaban benar, dan nilai terendak 35.

“Nilai ambang batas dengan sistim CAT SPCP IPDN sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomo 29 tahun 2014 tentang nilai ambang batas tes kompetensi dasar seleksi calon PBS tahun 2014,” pungkasnya.

Dirinya mengungkapkan, seleksi CAT tes kompetensi dasar calon praja IPDN berlangsung murni, dimana hasil seleksi tersebut bisa dilihat langsung oleh masyarakat, tanpa diketahui oleh peserta.

“Peserta yang sedang mengikuti tes tidak bisa mengetahui nilainya, yang bisa mengetahui hanya masyarakat yang menyaksikan seleksi dari luar ruangan melalui infokus yang terhubung dari server. Dimana peserta dapat mengetahui nilainya jika sudah selesai mengikuti test,” ucapnya.
Aneka 2400855470276933170

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang