Rawan Banjir, BPBD Ternate Minta Masyarakat Berperan Aktif | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Rawan Banjir, BPBD Ternate Minta Masyarakat Berperan Aktif

BERITA MALUKU. Badan Penanggulangan Bencara Daerah Kota Ternate, Maluku Utara, meminta masyarakat berperan aktif dalam mencegah banjir mengingat rawan dilanda banjir.

"Hampir setiap tahun saat curah hujan tinggi di Ternate selalu terjadi banjir, bahkan tidak jarang disertai dengan bajir lahar dingin dari lereng Gunung Gamalama," kata Kepala BPBD Kota Ternate Hasim Yusup di Ternate, Selasa (29/3/2016).

Banjir lahar dingin yang terjadi pada 2012 lalu misalnya, mengakibatkan belasan warga tewas terseret arus banjir lahar dingin, selain itu ratusan rumah warga yang berada di bantaran kali, termasuk puluhan fasilitas umum juga mengalami rusak berat dan ringan.

Hasim Yusup mengatakan peran aktif masyarakat untuk mencegah terjadinya banjir di Ternate di antaranya dilakukan dengan cara tidak membuang sampah di kali, terutama kali yang menjadi alur aliran lahar dingin dari lereng Gunung Gamalama, karena sampah bisa menghambat kelancaran aliran air.

Selain itu, masyarakat tidak membangun rumah atau gedung di pinggir bantaran kali, apalagi sampai menimbun sebagian alur kali, karena kalau alur kali menjadi sempit pasti tidak akan mampu menampung aliran air saat hujan deras, terutama jika aliran air itu membawa material lahar dingin.

"Kawasan hutan di lereng Gunung Gamalama yang selama ini menjadi penyangga air saat musim hujan, juga jangan dialihfungsikan menjadi lahan perkebunan atau aliran permukiman, karena jika kawasan hutan penyangga itu diubah fungsi pasti tidak akan mampu menahan air saat hujan," katanya.

Peran aktif lainnya yang bisa dilakukan masyarakat untuk mencegah terjadinya banjir adalah membuat sumur resapan air di sekitar ruma masing-masing karena cara ini selain bisa mengurangi volume air yang mengalir ke kali atau daratan rendah, juga dapat menjaga kestabilan air bawah tanah.

Hasim Yusup menambahkan, sesuai prediksi BMKG Ternate, curah hujan di daerah ini akan menunjukan peningkatan pada bulan Mei mendatang, oleh karena itu masyarakat diharapkan untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya banjir pada bulan Mei itu.



Malut 650299667989990929

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang