Jaksa Ciduk Mantan Kadis Pendidikan MTB | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Jaksa Ciduk Mantan Kadis Pendidikan MTB

BERITA MALUKU. Mantan Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Januaris Rettob akhirnya diciduk tim jaksa eksekutor Kejaksaan Negeri Saumlaki untuk diproses secara hukum.

Rettob diringkus anggota korps baju cokelat ini tepat di kediamannya di Saumlaki, ibukota Kabupaten MTB, pada Senin (28/3/2016).

Dia tangkap aparat penegak hukum lantaran terkait kasus korupsi dana pendampingan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2009 senilai miliaran rupiah.

“Kita tangkap dia di rumahnya tadi pagi,” kata Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Saumlaki, Denni Saputra kepada Berita Maluku Online melalui telepon selularnya, Senin (28/3/2016).

Saputra mengatakan, Rettob yang juga pernah menjabat Asisten I Setda MTB itu sudah siap diterbangkan ke Ambon untuk dimasukan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II Ambon untuk menjalani proses hukum selanjutnya.

Sebagaimana diketahui, Rettob pernah disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Ambon atas kasus yang sama beberapa tahun silam, dimana yang bersangkutan diputus bebas, namun pihak kejaksaan melakukan proses banding, sehingga berdasarkan putusan No:69.k/Pidsus/2/2015 tgl 15 Februari 2015 yang bersangkutan kembali diputus kurungan 4 tahun penjara, dan diwajibkan membayar denda  Rp.200.000.000,- subsidiair 6 bulan dan uang pengganti sebesar Rp. 233.199.000,- subsidiair 1 tahun dengan posisi sebagai terpidana. (eb)
Hukrim 2604986644146278522

Poskan Komentar

  1. Anggota LSM Peduli Pendidikan Bangsa yang beralamat di matraman tegalan jakarta berpendapat jika dana BOS pendidikan yang diperuntukkan untuk menaikkan SDM putra putri maluku agar dapat bersaing diluar daerah jika dikorupsi dan ada upaya pelemahan penindasan kasus itu oleh skpd jakasa dan hakim terkait dipecat saja, karena hal itu terkait dengan pemiskinan propinsi maluku,dimata LSM P2B by tar

    BalasHapus
  2. Semua Persoalan pasti ada bukti tentang kepastian hukum, di liat dari persoaln Bapa kami ni terindikasi banyak muatan muatan Hukum yg menyimpang. Ada propaganda kepentingan yg di mainkan oleh para penegak hukum itu sendiri. Apa yg hendak dicari..? Orang yg berkarya membangun daereh itu dari awal hingga skrang dengan kesederhanaan tapi toh masi di kejar sebagai penjahat.. putusan sidang Tahun lalu suda menjelaskan akan semua persoalan dan kebenaran yg ada bahwa bebas, ko kenapa mau harus banding? Menjadi pertanyaan ada apa di balik ini..??? Memng itu suatu aturan Hukum tapi pertimbangannyajangan sampe ada kebutuhan2 perut yg belum di sanggupi atau ada kepentian2 lain di Daerah yg sengaja mau merusak ReputasiBeliau.Kemi Sekeluarga Pasrah dengan memohon agar Bapa Kami Januarius Rettob mendapat Perlakuan Yang adil sesuai dgn aturan2 Hukum yg berlaku..

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang