Bendungan Waihatu SBB Belum Dialiri Air | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Bendungan Waihatu SBB Belum Dialiri Air


Lucky Wattimury
BERITA MALUKU. Komisi C DPRD Maluku dalam kunjungan kerja ke Pulau Seram mendapati bendungan Waihatu, Kecamatan Kairatu di Kabupaten Seram Bagian Barat yang dibangun Balai Sungai Wilayah Maluku tahun anggaran 2015 belum teraliri air.

"Nilai proyeknya saya tidak ingat persis, tetapi pekerjaan fisik di lapangan sudah rampung namun masih tertinggal persoalan sehingga harus ditindaklanjuti oleh komisi dengan mitra," kata anggota komisi C DPRD Maluku, Lucky Wattimury di Ambon, Selasa (29/3/2016).

Bendungan Waihatu yang belum teraliri air ini diketahui DPRD Maluku saat melakukan agenda pengawasan lapangan atas berbagai pengerjaan fisik proyek pembangunan infrastruktur yang menggunakan sumber dana APBD provinsi maupun APBN yang ditangani Balai Jalan dan Jembatan serta Balai Sungai Wilayah Maluku tahun anggaran 2015.

Menurut Lucky Wattimury, kegiatan infrastruktur yang ditinjau oleh komisi C juga sudah cukup baik, hanya ada beberapa yang harus diperdalam lewat proses pembahasan antara komisi dengan mitra, antara lain menyangkut dengan pembangunan bendungan di Waihatu, Kecamatan Kairatu.

"Karena tidak ada air, upaya pertanian masyarakat tidak bisa berjalan baik sesuai yang diharapkan, dan ini mengganggu kebijakan pemerintah dalam meningkatkan program ketahanan pangan daerah," katanya.

Lucky juga mengungkapkan keluhan masyarakat ke komisi terhadap keberadaan bendungan itu yang sampai saat ini belum berfungsi untuk mengairi lahan pertanian.

"Ini karena ada masalah yang belum diselesaikan pihak balai maupun persoalan teknis di lapangan," katanya.

Lucky menegaskan, hasil pengawasan yang dilakukan komisi C akan menjadi catatan, termasuk program normalisasi sungai di Tehoru yang sudah dipasangi talud pengaman tetapi ada sebagian yang lepas akibat banjir.

"Demikian juga program-program pemberdayaan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan provinsi umumnya berjalan cukup baik dan mudah-mudahan hal ini menjadi masukan berarti bagi peningkatan kualitas kerja dari SKPD," katanya.

Dewan 6246676975427195498

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang