Rapat Bersama Pemda Maluku Dengan Pempus Lahirkan Tiga Kesepakatan | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Rapat Bersama Pemda Maluku Dengan Pempus Lahirkan Tiga Kesepakatan

BERITA MALUKU. Rapat antara Pemerintah Daerah Maluku dengan Pemerintah Pusat dalam hal ini Komite II Dewan Perwakilan Derah (DPD) bersama Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, melahirkan tiga kesepakatan. 
 
Kemarin saya mewakili Gubernur untuk mengikuti pertemuan bersama dengan Komite II DPD RI dan Kementrian ESDM. Dari hasil pertemuan tersebut melahirkan tiga kesepakatan yang tentunya sangat bermanfaat bagi Maluku,” kata Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua, Sabtu kemarin. 
 
Dikatakan, ketiga kesepkatan tersebut yakni, pertama, dalam waktu dekat keputusan pengelolaan blok Masela segera diputuskan oleh Presiden, sehingga realiasi 10 persen secepatnya terwujud.

Kami tidak menentukan pengelolaan Blok masela dilakukan di darat atau di laut, tetapi kami meminta agar Presiden dalpat memutuskan hal ini secepatnya, sehingga realiasi 10 persen bisa terwujud dalam waktu dekat ini,” kata Sahuburua.

Kedua, sambil menunggu adanya keputusan Presiden terkait pengelolaan Blok Masela, pihaknya meminta agar infrastuktur dibangun di daerah-daerah yang berdekatan dengan blok masela. Dan hal ini direspon dengan baik dan dalam waktu dekat ini sudah bisa ditindaklanjuti oleh Pempus. 
 
Ketiga, sudah disepakati agar kantor perwakilan Kementrian ESDM ada dibangun di Maluku. Selain untuk mempermudah proses blok Masela, tetapi juga dalam rangka mendukung program Indonesia Terang yang menyentuh enam provinsi yaitu Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua. 
 
Kita selalu ngotot akan hal ini, mengingat sebagian daerah di Maluku belum teraliri listrik, dan akhirnya telah disepakati kantor perwakilan ESDM akan dibangun di Ambon,” jelasnya. 
 
Oleh sebab itu, Sahuburua mengharapkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat baik itu tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan, partai politik, DPRD maupun semua kekuatan yang ada harus menunjang hal ini. 
 
Kalau berharap saya dan bapak Gubernur tidak mungkin terlaksana, karena kemampuan kita di pusat posisi bargeningnya sangat lemah. Kita punya anggota DPR-RI hanya empat orang dari 11 komisi yang ada. Tentunya sangat sulit untuk memperjuangkan hal ini, mengingat yang berjuang selama ini karena hubungan kita baik dengan teman-teman di Jakarta, sehingga proses perjuangan bisa terlaksana dengan baik,” ungkap Sahuburua.
Blok Masela 8151660866883397866

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang