Balon Wali Kota Ambon, Brury Nanulaitta Daftar di Gerindra | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Balon Wali Kota Ambon, Brury Nanulaitta Daftar di Gerindra

BERITA MALUKU. Brury Nanulaitta tercatat menjadi bakal calon (Balon) Wali Kota Ambon mendaftar di DPC Partai Gerindra setempat sebagai persyaratan untuk nantinya diproses mengikuti Pilkada pada 15 Februari 2017.

"Ini menunjukkan keseriusan dan komitmen Brury berproses setelah mengambil formulir yang dibuka pada 23 Februari hingga 8 Maret 2016," kata Ketua DPC Partai Gerindra Kota Ambon, Phil Latumeirissa, di Ambon, Selasa (15/3/2016).

Brury yang Kadis PU Kota Ambon itu didampingi istrinya, Ny.Lies Nanulaitta dan sejumlah sanak keluarga mendaftar di Partai Gerindra, menyusul DPC PDIP dan telah memgambil formulir di DPC Partai NasDem.

Phil mengemukakan, DPC Partai Gerindra menjadwalkan menutup pendaftaran Balon, baik Wali Kota maupun Wakil Wali Kota (Wawali) pada 16 Maret 2016 dan pengembalian formulir 10 Maret 2016.

"Besok (Rabu), sekitar pukul 17.00 WIT, DPC Partai Gerindra menutup pendaftaran Balon Wali Kota dan Wawali Ambon periode 2017 - 2022 sehingga mengapresiasi langkah politik yang ditempuh Brury," ujarnya.

Dia memastikan, Partai Gerindra hingga saat ini belum memutuskan siapa pun yang berhak mendapatkan rekomendasi untuk menjadi Calon Wali Kota maupun Wawali Ambon sehingga jangan terprovokasi dengan isu - isu kurang bertanggung jawab.

"Rekomendasi itu merupakan kewenangan DPP Partai Gerindra setelah mendapatkan laporan dari sejumlah tahapan yang harus dilalui Balon oleh DPC melalui DPD Partai Gerindra Maluku," tandasnya.

Apalagi, tim pendaftaran dan penjaringan Balon Wali Kota dan Wawali setelah pendaftaran, selanjutnya melakukan verifikasi maupun melengkapi berkas pada 17 - 19 Maret 2016.

"Tahapan selanjutnya adalah survei internal serta uji kepatutan dan kelayakan sehingga siapa pun, baik kader maupun non kader partai Gerindra silahkan berproses untuk mendapatkan rekomendasi," tegas Phil.

Ketua Tim Penjaringan Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota DPC Partai Gerindra Ambon, Jhon Maitimu, mengemukakan, baru Irma Betaubun dan saleh Watiheluw yang mendaftar sebagai Balon Wawali.

Sedangkan, Balon lainnya yang mengambil formulir Wawali yakni Wawali petahana, Sam Latuconsina, anggota DPRD Maluku, Lutfy Sanaky, Zahruddin Latuconsina dan Syaiful Ali Almahasty belum mengembalikan formulir atau mendaftar.

Balon Wali Kota yang juga belum mendaftar adalah petahana, Richard Louhenapessy, Kadis Sosial Maluku, Paulus Kastanya, dan pengusaha, Felix Christanto.

Partai Gerindra menempatkan empat kadernya di DPRD Kota Ambon sehingga untuk koalisi dalam mendukung pasangan Balon Wali Kota - Wawali perlu tambahan tiga orang dari parpol lain.

Partai Gerindra bersama Partai Golkar, PPP, Partai Bintang Reformasi dan Partai Damai Sejahtera mengusung pasangan Richard Louhenapessy - Sam Latuconsina disapa PAPARISA yang berhasil memenangkan Pilkada Kota Ambon pada 2012.

Richard yang adalah Wali Kota Ambon itu, belum memutuskan pasangan Wawali karena beralasan masih menunggu hasil survei dengan masa jabatan berakhir pada 4 Agustus 2016.

Sedangkan, Sam yang Wawali Ambon saat ini intensif membangun komunikasi politik dengan Paulus Kastanya.

Pasangan lainnya yang mengikuti Pilkada Kota Ambon pada 2012 adalah Hesina Huliselan - Machfud Waliulu (SELALU), Daniel Palapia - La Suryadi (DAYA), Ferry Wattimury - Awat Tenate (Wate) dan Paulus Kastanya - La Hamsidi (KASIH).

Pilkada Maluku 8433201844279723221

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang