Proposal Pemprov Dibahas Dalam Rapat Perikanan | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Proposal Pemprov Dibahas Dalam Rapat Perikanan

BERITA MALUKU. Proposal yang diajukan kepada Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla beberapa waktu lalu akan dibahas dalam rapat perikanan yang berlangsung di kapal perang dalam perjalanan dari Banda ke Kabupaten Maluku Tenggara. 
 
Proposal ini akan dibedah dan diskusi bersama-bersama melibatkan beberapa jajaran Kemeterian seperti Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudji Astuti, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Mentri Perdagangan, Mentri Pendidikan, serta beberapa pengusaha perikanan,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku Romelus Far-Far, Selasa (15/3/2016). 
 
Dikatakan, proposal yang dibahas tersebut berisikan keinginan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku dalam rangka meningkatkan produksi perikanan dari 500 ribu menjadi 700 ribu ton. Dimana kenaikan 200 ribu ton Gubernur bebankan kepada kegiatan perikanan tangkap sebesar 150 ribu ton, sementara kegiatan budidaya 50 ribu ton. 
 
150 ribu ton membutuhkan armada tangkap, alat tangkap dalam berbagai ukuran dan untuk budidaya 50 ribu ton, 20 ribu ton diantaranya diperoleh dari budidaya ikan keramba sebanyak 1000 unit yang dimintakan oleh Pemprov Maluku,” ucap Far-Far. 
 
Sementara itu, kapal-kapal yang dingunakan untuk menangkap ikan sebanyak 150 ribu ton membutuhkan pasokan energi listrik dan BBM, sehingga hal ini juga diangkat dalam dalam proposal Pemprov Maluku. 
 
Orang nomor satu di Dinas Kelautan dan Perikanan ini mengharapkan agar hal itu bisa meningkatkan pendapatan nelayan, pembudidaya, pengelola masyarakat pesisir dan secara luas dapat menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di bumi raja-raja ini. 
 
Hal ini juga dibenarkan Gubernur Maluku, Ir. Said Assagaf. Menurut Assagaff, nantinya rapat besar perikanan nasionnal yang berlangsung membahas proposal Pemprov terkait dengan sumber perikanan di Maluku yang cukup melimpah, dimana Maluku akan berupaya untuk menaikan produksi perikanan Maluku dari 500 ribu ton menjadi 700 ribu ton pertahun yang didapat dari peningkatan produksi perikanan tangkap dan budidaya perikanan .

Proposal Pemprov yang akan menjadi topik utama rapat besar perikanan nasional apalagi ada upaya Pemprov menikan hasil perikanan dari 500 ribu menjadi 700 ribu ton pertahun dari sumber perikanan tangkap dan budidaya,” katanya.
Aneka 5814795035125036779

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang