440 Desa di Maluku Ini Belum Terlistriki | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

440 Desa di Maluku Ini Belum Terlistriki

BERITA MALUKU. Dari 1.159 desa yang ada di Maluku, 440 desa diantaranya sampai saat ini belum terlistriki. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Maluku, Martha Nanlohy, Senin (14/3/2016). 

440 desa tersebut tersebar dari 10 Kabupaten/Kota, yakni Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku Tengah, Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT), Buru, Buru Selatan, Maluku Barat Daya (MBD), Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Kepulauan Aru. Sedangkan daerah yang sudah terlistrik 100 persen adalah kota Ambon dan pulau Banda. 

Menurutnya, 440 desa yang belum terlistrik dimasukan dalam program APBN, APBD, Dinas Eenergi Sumber Daya Mineral (ESMD) Maluku, PLN dan dana perbatasan. Sehingga secara perlahan 440 desa tersebut sudah bisa terlistriki. 

Jelas Nanlohy, dari 440 desa tersebut pihaknya saat ini lebih memprioritaskan untuk melistriki desa-desa yang berada di daerah perbatasan seperti MBD, MTB dan Kepulauan Aru. Hal ini sejalan dengan program Jokowi yaitu membangun Indonesia dari pinggiran. 

“Tentu kami memprioritaskan seluruh desa, tetapi kita akan mulai dari desa-desa yang berada di daerah perbatasan, terluar dan terdepan,” ucapnya.
Headline 3988406225224453923

Poskan Komentar

  1. basudara di maluku, sekarang su ada yang namanya rental turbin listrik dari perusahaan2 besar ,jadi harga sewanya ditentukan kesepakatan harga per KWH antara pemerintah daerah dan perental mesin dengan jangka waktu yang di tentukan bersama, Mungkin jalan ini bisa lebih cepat menangani masalah listrik di maluku.

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang