Penemuan Bom PD II Jadi Objek Wisata di Morotai | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Penemuan Bom PD II Jadi Objek Wisata di Morotai

BERITA MALUKU. Pemerhati sejarah dan purbakala Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, menyatakan, berbagai lokasi penemuan bom peninggalan Perang Dunia (PD) II di daerah itu harus dijadikan sebagai pusat objek wisata.

Pemerhati Sejarah dan Kepurbakalan Kabupaten Pulau Morotai, Muhlis Esso ketika dihubungi dari Ternate, Jumat (5/2/2016), meminta Pemkab setempat merespon lokasi penemuan bom peninggalan PD II di desa Totodoku - Joubela, kecamatan Morotai Selatan untuk dijadikan sebagai objek wisata andalan.

"Lokasi penemuan bom layak dijadikan sebagai objek wisata karena selain banyak peninggalan PD II, lokasi tersebut juga strategis dijangkau pengunjung," ujarnya.

Menurut Muhlis, selain bom yang ditemukan, lokasi tersebut juga banyak terdapat peninggalan sejarah misalnya tank, senjata serta peralatan tempur lainnya.

Kehadiran objek wisata baru itu, memotivasi komunitasnya intensif melakukan eksplorasi terhadap sisa sisa peninggalan PD II.

Dia mengemukakan, pasca penemuan itu, Plh Bupati Pulau Morotai, Ramli Yaman berkunjung ke lokasi tersebut.

Dalam kunjungan tersebut, Ramli menyampaikan terima kasih kepada warga yang mau bekerjasama memberikan informasi kepada Pemkab Pulau Morotai dan dan instansi terkait.

"Kami mengimbau masyarakat yang menemukan peralatan PD II, tolong diinformasikan kepada Pemkab Pulau Morotai.

Sedangkan, Kadisparbud Kabupaten Pulau Morotai, Marwan Sidasi mengatakan, lokasi penemuan bom itu terdapat juga banyak peninggalan perang misalnya gua tempat persembunyian tentara Jepang, serta peralatan lainnya, sehingga sangat cocok untuk dibuat objek wisata.

"Kalau itu sudah menjadi objek wisata, maka anak cucu veteran perang dunia II bisa datang ke Morotai termasuk wisatawan lainnya," katanya.
Malut 9026349174761896556

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang