“Wayang Talamburang” Hibur Mahasiswa Unpatti | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

“Wayang Talamburang” Hibur Mahasiswa Unpatti

BERITA MALUKU. Pentas seni “Wayang Talamburang” yang didalangi Wisar Bahri, salah satu seniman Kota Ambon terlihat menghibur sejumlah mahasiswa Universitas Pattimura (Unpatti) dalam kegiatan pameran kebudayaan Indonesia atau Indonesian exhibiton cultures yang diselenggarakan mahasiswa jurusan bahasa dan seni – program study bahasa Inggris Fkip Unpatti yang digelar di lingkungan Kampus PGSD Unpatti Mangga Dua Ambon, Rabu (20/1/2016).

Walaupun hanya tampil selama 15 menit, namun pentas seni wayang talamburang yang dimainkan laki-laki setengah baya ini cukup mengocok perut para mahasiswa yang hadir dalam kegiatan akademik di lembaga perguruan tinggi negeri tersebut.

Wisar yang tampil dengan boneka wayangannya terlihat kocak dan lincah memperagakan keahliannya memainkan berbagai kararkter dalam seni perwayangan dengan tema lakon budaya nusantara.

Apalagi dia tampil fasih dalam bahasa Inggris dan Indonesia dengan menampilkan cerita budaya khas Maluku dicampur dengan berbagai dialek suku-suku yang ada di Indonesia sehingga membuat suasana semakin riuh dengan gelak tawa.

Pentas seni wayang yang ditampilkan ala seniman berdarah Sumatera ini terlihat berpadu dengan momen pameran kebudayaan Indonesia diselenggarakan para mahasiswa Unpatti tersebut, karena karakter dan tokoh perwayangan dalam lakon atau pentas seni ini dinilai mewakili suku-suku yang ada di Indonesia seperti Cepot mewakili suku Jawa, Misya mewakili orang metropolitan, Suzi dan Ongen mewakili suku Ambon.

Wisar Bahri usai menggelar pentas seni kepada Berita Maluku online mengatakan, apa yang ditampilkan dalam pentas wayang talamburang bukan sekedar untuk mengocok perut para hadirin semata yang menyaksikan acara hiburan tersebut, namun lebih dari pada itu, yang mau disampaikan dalam pentas seni wayang ini suatu pesan moral kepada masyarakat terlebih warga terdidik di lembaga ini bahwa Indonesia adalah bangsa besar dan majemuk, sehingga kita harus menerimanya sebagai suatu anugerah yang luar biasa dari Tuhan dan tetap bersatu menjaga tanah air yang kita cintai ini. (bm11)
Kebudayaan 6022722296952082120

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang