Pemkot Ternate Alokasikan Rp40 Miliar untuk Kendalikan Inflasi | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pemkot Ternate Alokasikan Rp40 Miliar untuk Kendalikan Inflasi

BERITA MALUKU. Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, mengalokasikan dana Rp40 miliar melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2015 untuk mengendalikan inflasi yang dalam beberapa tahun terakhir selalu menunjukkan angka cukup tinggi.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Ternate Yusri Assagaf di Ternate, Senin (21/12/2015), mengatakan anggaran tersebut dialokasikan melalui sejumlah satuan kerja perangkat daerah seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perhubungan Telekomunikasi dan Informatika serta Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan.

Anggaran untuk mengendalikan inflasi tersebut di antaranya diarahkan untuk pembangunan infrastruktur karena salah satu penyebab tingginnya inflasi di Ternate adalah terbatasnya infrastruktur, khususnya yang terkait dengan transportasi dan distribusi komoditas.

Selain itu, kata Yusri Assagaf, juga akan diarahkan pada pengembangan berbagai komoditas yang selama ini memberi kontribusi besar terhadap angka inflasi di Ternate, seperti cabai, bawang dan tomat serta komoditas hortikultura lainnya.

Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kota Ternate nantinya melalui program pengendalian inflasi akan membantu masyarakat mengembangkan berbagai komoditas tersebut, sehingga diharapkan daerah ini tidak lagi selalu mengandalkan pasokan dari luar Malut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

Ia mengatakan, Dinas Perhubungan Telekomunikasi dan Informatika Kota Ternate melalui program pengendalian inflasi tersebut akan membangun pula pelabuhan khusus untuk peti kemas kebutuhan pokok yang di datangkan dari luar Malut seperti Sulawesi dan Jawa.

Masalah salah satu penyebab mahalnya harga kebutuhan pokok di Ternate selama ini adalah tingginya ongkos yang harus ditanggung pengusaha yang mendatangkan kebutuhan pokok dari luar Malut akibat lamanya proses bongkar muat di pelabuhan Ahmad Yani Ternate.

Yusri Assagaf menambahkan, upaya yang dilakukan Pemkot Ternate untuk mengendalikan inflasi adalah mengusulkan kepada pemerintah pusat agar Ternate menjadi salah satu jalur pengiriman barang, khususnya kebutuhan pokok dari Pulau Jawa yang menggunakan kapal yang disiapkan pemerintah pusat agar biaya angkut barang menjadi lebih murah.
Malut 5223294132678028415

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang