Presiden Resmikan Patung Siwabessy di Ambon | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Presiden Resmikan Patung Siwabessy di Ambon

BERITA MALUKU. Presiden Joko Widodo meresmikan patung Gerrit Augustinus Siwabessy di Kota Ambon, Maluku, Selasa malam (6/10/2015), sebagai rangkaian kehadirannya untuk membuka perhelatan Pesta Paduan Suara Gerejawi Nasional XI.

Peresmian patung mantan Menteri Badan Tenaga Atom Nasional periode 25 Juli 1966 - 17 Oktober 1967 itu ditandai dengan penandatanganan prasasti di ruang VVIP Bandara Internasional Pattimura di Desa Laha, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon.

Patung Menteri Kesehatan ke-11 periode 17 Oktober 1967 - 29 Maret 1978 itu ditempatkan di kampus Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon di desa Poka, kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon.

Gerrit Augustinus Siwabessy yang terkenal sebagai bapak atom Indonesia itu lahir di Desa Ulath, Pulau Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, 19 Agustus 1914 dan meninggal di Jakarta 11 November 1982.

Patung Gerrit Augustinus Siwabessy ditempatkan di kampus Unpatti Ambon itu, lokasinya tidak jauh dari monumen Pahlawan Nasional Johanis Leimena diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 9 Juni 2012 bertepatan dengan pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXIV.

Kadis PU Maluku Ismael Usemahu mengakui kehadiran Presiden Jokowi juga dimanfaatkan untuk meresmikan pembangunan gedung Kristiani Centre dan Katholik Centre.

"Waktu Kepala Negara relatif terbatas sehingga hanya menandatangani dua dari sejumlah fasilitas pendukung Pesparawi Nasional XI, termasuk patung gerrit Augustinus Siwabessy," ujarnya.

Fasilitas lainnya yang dijadwalkan ditandatangani prasastinya oleh Kepala Negara antara lain rehabilitasi Baileo Oikumene, rehabilitasi Taman Budaya, Aula Xaverius Keuskupan Amboina, dan Ibu Kota Kecamatan Pengelolaan Air Minum(IKKPAM) Masohi.

Sebenarnya Jembatan Merah Putih (JMP) yang melintasi Teluk Dalam Ambon juga dijadwalkan diresmikan Presiden Jokowi.

Hanya saja, bentangan tengahnya belum rampung sehingga ditangguhkan. (Ant/bm 01)
Headline 3481381859190276672

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang