Menag Apresiasi Pesparawi Nasional di Ambon | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Menag Apresiasi Pesparawi Nasional di Ambon

BERITA MALUKU. Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifudin mengapresiasi dan menyambut gembira penyelenggaraan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional XI yang berlangsung pada 2-12 Oktober 2015, di Ambon, Provinsi Maluku.

"Kita ketahui bersama pada tahun 2012 yang lalu di Kota Ambon, diselenggarakan MTQ Nasional XIV di mana momen tersebut menjadi tonggak penting adanya persaudaraan sejati antarumat beragama serta kerja sama untuk membangun harmoni," kata Lukman Hakim dalam sambutan pada Acara Pembukaan Pesparawi Nasional XI, di Stadion Mandala Remaja, Ambon, Selasa (6/10) malam.

Menurut dia, ada hal menarik dalam kegiatan keagamaan ini, karena melibatkan banyak pihak sehinggaa menjadi perekat dan ajang untuk saling menumbuhkan sikap toleransi dan empati antarumat.

"Perbedaan agama bukan hal yang menjadi faktor penyebab keterpisahan kita, namun justru sebaliknya bagaimana kita menjadikan nilai-nilai agama sebagai perekat atas nilai-nilai kemanusiaan," katanya.

Karena itu, dengan penyelenggaraan Pesparawi Nosional XI di Ambon, semangat persaudaraan sejati antarumat dapat terus ditingkatkan.

"Ajang kegiatan keagamaan seperti ini dapat kita kembangkan menjadi wahana dalam komitmen kita sebagai bangsa yang memiliki keragaman keyakinan agama, dan hal ini menjadi bukti nyata bangsa kita sebagai laboratorium besar dalam pembangunan kehidupan harmoni umat beragama," ujar Lukman Hakim.

"Saya perlu laporkan ke Bapak Presden bahwa kegiatan Pesparawi Nasional merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh umat kristen, sekali dalam tiga tahun, untuk mempertunjukkan kebersamaan dalam memuliakan Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena itu, yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 34 kontingen dari seluruh provinsi di Indonesia," ungkapnya.

Tahapan kegiatan Pesparawi, lanjut dia, telah dimulai dari seleksi tingkat kabupaten bahkan tingkat kecamatan.

"Memuliakan Tuhan melalui lantunan kidung pujian yang dibawakan oleh kelompok paduan suara, vokal group, kwartet, trio dan solo merupakan bagian dari ungkapan pemahaman penghayatan dan pendalaman iman umat Kristen yang patut didukung bersama dalam seluruh proses pelaksanaannya," pintanya.

Karena itu, kata Lukman Hakim, sebagai Menteri Agama, pihaknya berharap Pesparawi Nasional XI dapat memberikan dampak nyata dalam peningkatan pemahaman, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai keagamaan serta meningkatkan kerukunun dan keharmonisan hidup umat beragama dalam upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada event akbar ini nuansa perlombaan sesungguhnya bukanlah yang diutamakan dan kedepankan, tetapi yang terpenting ialah kebersamaan dan semangat mempersembahkan yang terbaik bagi kemuliaan Tuhan Yang Maha Esa.

"Semoga acara Pesparawi Nasional XI di Ambon, Maluku dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar," harapnya. (Bm 01)
Pesparawi 5483826997378493468

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang