HUT Ke-54, Bank Maluku Luncurkan Nama Baru | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

HUT Ke-54, Bank Maluku Luncurkan Nama Baru

BERITA MALUKU. PT. Bank Maluku yang merupakan badan usaha milik daerah (BUMD) milik pemerintah daerah resmi berubah namanya menjadi PT. Bank Maluku - Maluku Utara (Malut).

Peluncuran nama baru tersebut dilakukan Gubernur Maluku, Said Assagaff dan Wakil Gubernur Zeth Sahuburua bertepatan dengan perayaan HUT ke-54 Bank daerah tersebut, di Ambon, Sabtu (31/10/2015).

"Perubahan nama dari PT. Bank Maluku menjadi Bank Maluku-Malut karena jangkauan dan wilayah kerja bank ini meliputi dua provinsi yakni Maluku dan Maluku Utara," kata Direktur Utama PT Bank Maluku-Malut, Idris Rolobessy.

Pergantian nama disesuaikan dengan tuntutan pelayanan bank daerah, di mana pemerintah kedua provinsi maupun seluruh kabupaten/kota di Maluku dan Malut adalah para pemegang saham di bank daerah tersebut.

"Pelayanan bank Maluku-Malut meliputi dua provinsi serta 22 Kabupaten/Kota di Maluku dan Maluku Utara. Pergantian nama ini juga didasari hasil pertemuan para pemegang saham yakni Gubernur serta Bupati dan Wali Kota kedua provinsi," kata Idris.

Bank Maluku - Malut saat ini memiliki satu kantor pusat di Kota Ambon, satu kantor utama di Ternate, 16 kantor cabang, 22 kantor cabang pembantu, 20 kantor kas dan 18 unit mobil kas keliling yang tersebar pada masing-masing 11 Kabupaten/Kota di provinsi Maluku dan Malut.

Pelayanan bank Maluku - Malut yang tergabung dalam jaringan Bank Pembangunan Daerah (BPD) tersebut meliputi 11 Kabupaten/Kota di Malut yakni Halmahera Barat, Halmahera Tengah, Halmahera Utara, Halmahera Selatan, Halmahera Timur, Kepulauan Sula, Pulau Morotai, Pulau Taliabu, kota Sofifi, kota Ternate dan kota Tidore Kepulauan.

Sedangkan 11 Kabupaten/Kota di Maluku yakni Kota Ambon, Kota Tual, Maluku Tengah, Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT), Pulau Buru, Buru Selatan, Maluku Tenggara, Kepulauan Aru, Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Maluku Barat Daya (MBD).

Idris mengakui, bank yang dipimpinnya saat ini masih tergolong sehat, kendati diterpa sejumlah masalah berkaitan dengan penyaluran kredit hingga pembelian kantor cabang pembantu.

Dia mengatakan, total aset Bank Maluku Malut hingga pertengahan 2015 telah mencapai lebih dari Rp6,2 triliun, sedangkan pada akhir 2014 hanya sebesar Rp 4,5 triliun atau mengalami peningkatan sebesar 37,78 persen atau Rp1,7 triliun.

Gubernur Said juga mengakui kondisi bank yang didirikan pada 25 Oktober 1961 tersebut saat ini tergolong cukup sehat, di mana seluruh transaksi keuangannya diawasi oleh bank Indonesia maupun Otgoritas Jasa Keuangan (OJK).

Gubernur berharap, bank daerah tersebut dapat memainkan peranan penting untuk menunjang percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Maluku dan Malut di masa mendatang.

Sejumlah masalah yang melilit bank milik pemerintah dua provinsi tersebut diantaranya praktik repurchase agreement (Repo) fiktif oleh PT Andalan Artha Advisindo (AAA) Sekuritas sejak 2011 serta dugaan penggelembungan anggaran pembelian lokasi beserta gedung kantor cabang di Surabaya, Jawa Timur.

Transaksi repo mengakibatkan kerugian senilai Rp238 miliar. Sedangkan terjadi pembengkakan anggaran pembelian gedung dari Rp45 miliar menjadi Rp54 miliar.

"Saya berharap berbagai masalah ini tidak melemahkan posisi Bank Maluku Malut, tetapi sebaliknya lebih kuat dan tangguh untuk menunjang pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di dua provinsi ini," katanya.



Perayaan Hut ke-54 dilaksanakan dalam bentuk color run diikuti ribuan nasabah bank yang umumnya remaja dan pemuda, flash mob dan dimeriahkan dengan kehadiran dua orang disc joki (DJ) yakni DJ Melly Shu dan Agil GabaGabaBeats.

Selain itu dilakukan penarikan undian tabungan mutiara dengan hadiah utama satu unit mobil toyota agya TRD, dua unit motor yamaha mio M3 CW, 100 unti ipon 6, masing-masing enam unit TV LED 40 Inch dan kulkas dua pintu serta uang tunai Rp114 juta Khusus hadiah utama satu unit mobil toyota Agra yang pengundiannya dilakukan Gubernur Said Assagaff bersama Wagub Zeth Sahuburua diraih SMP Santo Paulus dari Cabang Saumlaki, Maluku Tenggara Barat.
Kegiatan 5321677053307372102

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang