Unpatti Kini Menyandang Akreditasi B | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Unpatti Kini Menyandang Akreditasi B

BERITA MALUKU. Setelah sekitar lima tahun menyandang akreditasi C, Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon kini mendapat akreditasi B.

"Akreditasi ini sudah resmi digunakan sejak hari ini," kata Ketua Tim Akreditasi Unpatti Niete Huliselan di Ambon, Senin kemarin.

Menurut dia, Unpatti telah mendapat akrditasi B dengan nilai 352 dari Badan Akreditasi Negeri Perguruan Tinggi.

"Kami sudah memasukkan data yang dibutuhkan sejak 10 Agustus 2014. Namun itu hanya berupa draf. Kami merevisinya lagi sampai April 2015," ujar Niete Huliselan.

Setelah melakukan revisi, lanjutnya, tim BAN-PT dari Jakarta berkunjung ke Unpatti pada Mei. Sedangkan hasil naik atau tidaknya akreditasi baru diumumkan akhir Juli.

"Akhirnya apa yang sudah tim kami persiapkan selama satu tahun terakhir tidak mengecewakan," ujarnya.

Niete mengaku, timnya sudah mengumpulkan data jauh-jauh hari sebelum batas akhir akreditasi. Data yang dikumpulkan kemudian dikompilasikan, diunggah ke alamat website, setelah itu dipresentasikan depan semua petinggi Unpatti, lalu dibawa ke Jakarta.

Ia mengatakan, akreditasi Unpatti bisa saja naik menjadi A asalkan jumlah guru besar serta tenaga pengajar lulusan S3 bertambah. Selain itu akreditasi beberapa program studi yang ada di Unpatti perlu diperbaiki.

"Saat ini perbandingan jumlah guru besar dan tenaga pengajar di Unpatti hanya 38:1.082, sedangkan 11 dari 48 program studi masih berakreditasi C," katanya.

Ia menambahkan, dalam meningkatkan akreditasi, Unpatti sudah melakukan pembangunan gedung-gedung dan laboratorium penunjang perkuliahan. Selain itu akan dibuat database guru-guru besar dan semua tenaga pengajar. (ant/bm 01)
Pendidikan 3604529368837896996

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang