11 Gereja Ini Terbilang Paling Unik Di Dunia | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

11 Gereja Ini Terbilang Paling Unik Di Dunia

BERITA MALUKU. Setiap umat pasti mendambakan tempat beribadah yang nyaman dan membuat mereka tentram saat beribadah di dalamnya. Tak peduli apapun agamanya, kenyamanan itulah yang membuat seseorang betah beribadah di sebuah tempat beribadah. Uniknya, ada beberapa tempat ibadah yang sengaja dibangun dengan bentuk yang unik.

Berikut adalah 11 Gereja Paling Unik Di Dunia:

1. Gereja Lego

Gereja ini terletak di daerah Enschede, Belanda. Keunikan gereja ini adalah beberapa bagian gereja sengaja disusun dari lego. Lego yang digunakan tentu saja bukan lego biasa. Lego yang digunakan untuk membangun gereja adalah lego yang dibuat khusus agar bangunan ini tidak goyah dan kuat.

2. Gereja Organik

Gereja yang satu ini dibangun di alam terbuka. Bukan tanpa tujuan tentunya. Gereja dibangun dari batang-batang pohon yang dibentuk melengkung dan tanaman sulur dibiarkan merambat di dalamnya. Saat tanaman sulur tersebut tumbuh, gereja pun makin ditutupi oleh tanaman hingga ke atap. Gereja ini terdapat di daerah Bergamo, Italia.

3. Gereja Tulang

Gereja yang berada di Republik Ceko ini memang terbilang menyeramkan. Beberapa bagian gereja dihiasi tulang-tulang dan dibentuk menjadi hiasan gereja. Hiasan lampu di dalam gereja bahkan tampak jelas dibuat dari gabungan tulang. Boneka malaikat yang seharusnya tampak menggemaskan, justru menambah kesan seram gereja ini.

4. Gereja Salju

Gereja ini tentunya hanya dibangun saat musim dingin saja. Gereja salju terdapat di Mitterfirmiansreut, Jerman. Meski terbuat dari salju, strukturnya cukup kuat sehingga mampu menampung banyak jemaah.

5. Gereja Tank

Gereja ini mungkin khusus dibuat untuk para tentara yang sedang berperang namun tak lupa beribadah. Gereja dibuat dari tank yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Gereja ini tentunya hanya cukup menampung beberapa orang jemaah saja.

6. Gereja Parasut

Saat Anda memasuki gereja ini, Anda diharapkan tidak membawa benda tajam. Terang saja, sedikit tusukan dari benda tajam bisa membuat gereja yang satu ini kempes.

7. Gereja Transparan

Gereja yang terdapat di Haspengouw, Belgia ini membuat jemaahnya tak bisa berlama-lama beribadah kala turun hujan. Terang saja, gereja ini dibuat dari lempengan yang disusun sedemikian rupa agar membentuk bangunan gereja.

8. Gereja terkecil di dunia

Gereja terkecil di dunia? Ya, gereja ini terdapat di Oneida, New York. Dibangun sejak tahun 1989, gereja berdiri di atas lempengan papan di sebuah rawa. Mengingat bentuknya yang sangat kecil, tentunya gereja ini tak boleh dimasuki oleh banyak orang.

9. Gereja Kereta

Saking kreatifnya, gerbong kereta pun dijadikan kereta! Gereja ini terdapat di Rusia. Sebuah gerbong kereta yang tak terpakai sengaja dihias dan dipercantik menjadi sebuah tempat beribadah.

10. Gereja di atas jurang

Gereja ini merupakan gereja yang paling ekstrim yang pernah dibangun. Seseorang mau bersusah payah membangun sebuah gereja di atas tebing. Jemaah baru bisa beribadah di gereja tersebut setelah naik menggunakan gantungan.

11. Gereja Ayam Magelang

Nah, gereja yang terakhir adalah Gereja unik berbentuk ayam yang berada di Kabupaten Magelang. Gereja ini belakangan semakin populer dan mendunia. Bahkan, media Inggris, Daily Mail, turut memberitakan Gereja tersebut pada Senin 13 Juli 2015 lalu.

Gereja unik itu berlokasi di bukit di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. tepatnya sekira 2,5 kilometer dari Candi Borobudur.

Jika dilihat berdasarkan bentuknya, konstruksi gereja itu benar-benar menyerupai ayam, lengkap dengan mahkota di kepala dan pada bagian belakangnya terdapat ornamen berbentuk ekor.

Sayangnya, di dalam gereja itu tidak ada bangku atau altar, melainkan serakan puing bangunan di atas tanah kosong yang terlihat tidak terawat.

Berdasarkan sejarahnya, Gereja ayam itu dibangun oleh seorang pengusaha bernama Daniel Alamsjah. Ia mulai membangun gereja tersebut pada 1990 silam.

Sebenarnya, Daniel ingin membuat gereja dengan bentuk merpati dan bukan ayam. Saat itu, tepatnya disuatu malam pada 1989 Daniel mendapat ilham untuk membuat sebuah tempat ibadah. Kemudian, ia berdoa sepanjang malam di sana (bukit) dan mendapat wahyu agar membangun rumah ibadah di tempat itu.

Selain menjadi tempat ibadah, bangunan unik itu juga bisa digunakan sebagai tempat rehabilitasi serta penyembuhan bagi orang-orang yang terjangkit penyakit. Selain itu, bangunan tersebut juga bisa digunakan untuk kegiatan sosial.


Nah, itulah 11 Gereja Paling Unik Di Dunia. Namun, bagaimanapun bentuk gerejanya, yang terpenting adalah kekhusyukan hati saat beribadah di dalamnya bukan? (PW)
Aneka 5698462560782146833

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang