Tim Dokter Singapura Berikan Konsultasi dan Pemeriksaan Gratis di Ambon | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Tim Dokter Singapura Berikan Konsultasi dan Pemeriksaan Gratis di Ambon

BERITA MALUKU. Tim dokter dari Singapore International Hospital akan memberikan konsultasi dan pemeriksaan kesehatan gratis kepada warga Kota Ambon, Maluku pada 13 - 15 Agustus 2015.

"Tim dokter dan perawat dari Singapore International Hospital juga akan memberi pelatihan untuk 200 perawat di Kota Ambon," kata Kepala Dinas Kesehatan Threesye Tory, di Ambon, Rabu (5/8/2015).

Pelatihan itu mencakup langkah preventif yang bisa dilakukan tenaga medis di Puskesmas dalam penanganan pertolongan pertama kecelakaan atau P3K.

"Para perawat Ambon akan dilatih tim perawat Singapura yang beranggotakan lima orang. Mereka akan memberi teori dan praktek penanganan sebelum pasien dibawa ke Rumah Sakit untuk penanganan lanjutan," katanya.

Sementara itu, tim dokter akan melakukan seminar kesehatan bagi 150 dokter di Kota Ambon, serta pelatihan kesehatan bagi kader PKK dan Dharma Wanita berupa penaganan pertama jika terjadi kecelakaan di rumah, sebelum dibawa ke RS.

"Diharapkan melalui pelatihan yang diikuti tenaga kesehatan Puskesmas dan kader PKK dapat membantu pasien dan keluarga yang mengalami masalah kesehatan," ujarnya.

Threesye mengatakan, konsultasi pemeriksaan gratis untuk dokter penyakit jantung, tulang, urologi, mata dan bedah plastik.

Pasien diutamakan dalam pelayanan kesehatan yakni masyarakat miskin kota Ambon, untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan dari tim dokter Singapura.

"Kita berharap masyarakat kurang mampu bisa menikmati pemeriksaan dan konsultasi kesehatan, karena belum tentu masyarakat miskin bisa berkonsultasi dengan tim dokter dari singapura, Masyarakat bisa melakukan pendaftaran ke puskesmas terdekat," tandasnya.

Ditambahkannya, tenaga kesehatan Ambon yang mengikuti pelatihan akan mendapatkan sertifikat resmi dari SIH.

"Para dokter SIH sebelunya telah melakukan operasi jantung secara rutin yakni kerja Pemkot Ambon dengan Pemerintah Vlissingen Belanda di Klinik Ambon Vlissingen," ujarnya. (Ant/bm 01)

Kesehatan 726672314690443967

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang