Jambanisasi, Wujud Nyata Karya Bakti TNI Dalam Rangka Serbuan Teritorial Kodam XVI/Pattimura | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Jambanisasi, Wujud Nyata Karya Bakti TNI Dalam Rangka Serbuan Teritorial Kodam XVI/Pattimura

AMBON - BERITA MALUKU. Kodam XVI/Pattimura melaksanakan Karya Bakti TNI Dalam Rangka Serbuan Teritorial Tahun Anggaran 2020. Program pembuatan jamban sehat ini ditujukan bagi keluarga kurang mampu khususnya warga yang belum memiliki jamban.

Hal ini dikatakan Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Asisten Teritorial Kodam XVI/Pattimura, Letkol Inf Yayat Priyatna usai apel pagi di Makoramil 1504-04/Salahutu, Senin (09/03/2020) pagi.

Pangdam XVI/Pattimura mengatakan, program jambanisasi yang dilaksanakan Kodam XVI/Pattimura menyasar warga kurang mampu di wilayah teritorial Koramil 1504-04/Salahutu meliputi kawasan Desa Suli dan Tulehu, Kec Salahutu, Kab Malteng.

“Penentuan sasaran program jambanisasi ini didasarkan survey lapangan dan koordinasi Babinsa dengan pihak desa. Namun tentunya dengan beberapa kriteria, diantaranya warga yang berpenghasilan di bawah rata-rata UMK, belum memiliki jamban dan sejumlah kriteria lainnya,” terang Pangdam.

Program jambanisasi bagi keluarga kurang beruntung secara ekonomi ini, lanjutnya, merupakan upaya TNI dalam membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

“Ini bentuk konkret pembinaan teritorial melalui program Bakti TNI dalam rangka Serbuan Teritorial Kodam XVI/Pattimura Tahu 2020 demi tewujudnya Kemanunggalan TNI dengan rakyat dan ketahanan wilayah,” tandas Pangdam.

Pembuatan jamban sehat ini dikerjakan anggota TNI dari Koramil 1504-04/Salahutu bersama warga penerima bantuan dan masyarakat setempat yang pengerjaannya terhitung sejak hari ini tanggal 9 s.d 11 Maret dan ditargetkan selama tiga hari mendatang dapat dituntaskan sebanyak 100 jamban. Untuk target pembuatan jamban terpusat di Koramil 1504-04/Salahutu sebanyak 100 buah, sedangkan tersebar di sejumlah Kodim-Kodim jajaran Kodam XVI/Pattimura sebanyak 270.

“Selain untuk membantu mewujudkan kesadaran akan lingkungan yang sehat dan nyaman, program jamban ini bertujuan untuk membangun semangat kebersamaan dan gotong royong serta memantapkan Kemanunggalan TNI–Rakyat,” ungkap Pangdam.

Sementara itu, Angky (37), warga Desa Tial, salah satu penerima bantuan jamban mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan jamban sehat untuk keluarganya.

“Terima kasih kepada Bapak Pangdam XVI/Pattimura dan anggota TNI dari Koramil 1504-04/Salahutu yang telah mengulurkan bantuan jamban melalui Babinsa-babinsa kepada warga, kami merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan ini, yang dulunya sudah mencari tempat untuk BAB, sekarang sudah dipermudah dengan adanya program jambanisasi,” ucap Angki. (Pendam16)
TNI-Polri 1767047924212519683
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks