Dinkes Ambon Data Penderita Kusta, Tercatat 49 Kasus | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Dinkes Ambon Data Penderita Kusta, Tercatat 49 Kasus

BERITA MALUKU. Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kota Ambon, Maluku mendata jumlah pasien baru penderita kusta di kota itu tercatat sebanyak 49 kasus dengan angka prevalensi 1.17 per 10.000 peduduk pada tahun 2017.

"Menuju eliminasi tingkat provinsi. Indonesia menargetkan eliminasi kusta di seluruh provinsi tahun 2019, dan kabupaten kota termasuk Ambon tahun 2024," kata Sekretaris Kota Ambon Anthony Gustaf Latuheru, pada kegiatan sosialisasi dan pelatihan intensifikasi penemuan kasus kusta dan frambusia, di Ambon, Kamis (15/3/2018).

Ia menyatakan, kusta dan frambusia oleh WHO digolongkan kedalam kelompok penyakit tropis terabaikan di Indonesia.

"Jumlah kasus yang dilaporkan juga tidak terlalu banyak, bahkan cenderung pada kantong-kantong wilayah tertentu di Indonesia terutama di Indonesia bagian timur," katanya.

Anthony mengakui, secara nasional Indonesia telah mencapai eliminasi kusta sejak tahun 2000, tetapi situasi epidemiologi kusta sejak tahun 2001 hingga sekarang cenderung statis, tanpa banyak mengalami perubahan yang signifikan.

Eliminasi kusta ditetapkan dengan angka prevalensi kurang dari 1 per 10.000 penduduk, sesuai dengan peta jalan program pengendalian kusta.

Dijelaskannya, dampak yang ditimbulkan penyakit kusta dan frambusia sangat luas dan sering bermanifestasi pada jaringan kulit, jika tidak segera ditangani secara cepat dan tepat maka dapat menimbulkan kecacatan.

Kecacatan yang terjadi, lanjutnya, menimbulkan masalah pada fisik penderita tetapi juga gangguang psikis yang turut memengaruhi faktor sosial ekonomi, sehingga dapat menurunkan kualitas sumber daya manusia.

"Penyakit kusta dan frambusia disebabkan karena kurang cepatnya respon masyarakat terhadap potensi kemunculan penyakit kusta dari lingkungannya," kata Anthony.

Pihaknya berharap, kedua jenis penyakit ini tidak menjadi masalah kesehatan bagi masyarakat, dan mencapai target eliminasi.

"Karena itu saya mengajak kita semua untuk bersama berkomitmen meningkatkan kepedulian terhadap upaya pencegahan penyakit, dengan cara mengkampanyekan serta mengobati pasien yang terkena penyakit kusta dan frambusia," ujarnya.
Kesehatan 916898533496097811
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks