Dinsos Maluku Siapkan Penyaluran Bantuan PKH Tahap IV | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Dinsos Maluku Siapkan Penyaluran Bantuan PKH Tahap IV

BERITA MALUKU. Setelah penyaluran tahap III selesai, saat ini Dinas Sosial kembali mempersiapkan data untuk penyaluran tahap IV tahun 2017, yang akan berlangsung pada Oktober, November hingga Desember 2017.

"Tahun ini sampai tahap IV. Tahap ke-IV ini kita sampai triwulan terakhir karena satu tahap itu tiga triwulan. Kita sekarang sudah masuk triwulan keempat berarti tinggal Oktober November dan Desember. Sekarang persiapan untuk tahap IV," ujar Kepala Dinas Sosial, Sartono Pining kepada wartawan di Ambon, Kamis (19/10/2017).

Dijelaskan, penyalurannya tahap III sudah mencapai 90 persen, dengan total 62.471 keluarga penerima.

Dikatakannya, dari 11 kabupaten/kota, masih tersisa kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) yang belum disalurkan dana bantuan PKH tahap III ini. Alasannya, terjadi peralihan Bank Penampung.

"Kecuali Maluku Barat Daya (MBD) karena ada peralihan penanggungjawab Bank Penampung dari Jawa ke Makassar. Kemarin itu ada dua kabupaten, Buru Selatan dan MBD, tapi yang Buru Selatan sudah jalan, tinggal MBD," jelasnya

Masih kata Pinning, untuk data keluarga penerima manfaat dana bantuan PKH tahap III ini tidak terjadi perubahan yang signifikan.

"Perubahan data sendiri sangat kecil, dikarenakan memang semester ini tidak terlalu banyak berubah. Biasanya berubah itu ditahapan semester anak sekolah saat lulusan. Sehingga ada terjadi pergantian penerima manfaat," sambungnya

Untuk besaran dana Bansos dari Kementerian Sosial itu, diakuinya tetap sama, dimana ibu hamil dan anak sekolah SD-SMA mendapatkan Rp1.890.000 per tahun. Sedangkan lansia diatas 70 tahun dan disabilitas berat mendapatkan bantuan sebesar Rp2 Juta per tahun, karena sudah berubah polanya.
"Nominalnya tetap sama. Kalaupun ada yang berubah itu hanya polanya saja yang berubah dari tahun sebelumnya. Tapi kita di tahun 2017 kita sudah berubah pola. Untuk ibu hamil, anak sekolah baik SD-SMA maupun balita setiap tahapan penerimaan itu ada satu juta delapan ratus sembilan puluh ribu. Kecuali untuk lansia dan disabilitas berat mereka yang tidak bisa menjalankan fungsi sosialnya tapi harus ada bantuan dari orang lain dan kemudian lansia diatas 70 tahun besarnya 2 juta pertahun," terangnya.
Aneka 6777617285361074947

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang