Harga Cabai dan Bawang di Ambon Mahal | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Harga Cabai dan Bawang di Ambon Mahal

BERITA MALUKU. Harga cabai rawit dan bawang merah maupun bawang putih yang ditawarkan para pedagang di pasar tradisional Kota Ambon, hingga kini masih tergolong mahal dengan stok terlihat cukup banyak.

Di Pasar Mardika dan Batu Merah, Minggu (13/8/2017), para pedagang menawarkan harga cabai rawit bervariasi mulai Rp65.000 hingga Rp70.000/Kg, sedangkan eceran Rp6.000/cupa (cupa, ukuran satu kaleng susu kental manis Cap Nona).

Sedangkan harga bawang merah juga masih tinggi yakni Rp45 ribu/Kg dan bawang putih Rp40 ribu/Kg.

Jenis cabai keriting, juga mengalami kenaikan dari 40.000 menjadi Rp45.000/Kg, dan eceran Rp5.000/tumpuk kecil.

"Kondisi seperti ini sudah terjadi sejak dua bulan lalu sebab seusai perayaan Idul Fitri 1438 Hijriah masih saja pengusaha atau pedagang besar yang datang ke Kota Ambon untuk membeli cabai, selanjutnya dipasarkan di luar daerah sehingga terjadi fluktuasi harga ," kata salah seorang pedagang, Abdullah.

Selain itu, di wilayah Maluku dan Kota Ambon khususnya hingga kini masih dihadapkan dengan musim hujan sehingga menggangu tanaman cabai.

"Kondisi yang sama juga terjadi pada bawang merah maupun putih, baik di pasar Mardika Batu merah dan Gotong Royong bawang terlihat stok cukup banyak. Hanya saja harganya masih tergolong mahal," ujarnya.

Abdullah mengemukakan, para pedagang di pasar Mardika maupun Batu merah, membeli bawang maupun cabai tidak pada satu agen pemasok, sehingga harga pasti jugaberbeda.

"Akibat harga di tingkat agen berbeda, maka para pedagang juga mengikuti perkembangannya dengan memperhitungkan untung ruginya," katanya.

Dia menambahkan, harga normal bawang merah bervariasi Rp30.000 hingga Rp35.000 /Kg, sedangkan cabai rawit pada saat harga murah mencapai Rp20.000 hingga Rp25.000/Kg.
Ekonomi 2887219486417145645

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang