Disperindag Malteng Pantau Stok dan Harga Garam | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Disperindag Malteng Pantau Stok dan Harga Garam

BERITA MALUKU. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Maluku Tengah memantau stok maupun harga garam di pasar guna menjamin kebutuhan masyarakat.

"Pemantauan diefektifkan dengan memanfaatkan tim pengawasan bahan pokok masyarakat yang intensif dua kali sepekan turun ke pasar," kata kepala Disperindag Maluku Tengah, Kace Pattiasina, dihubungi dari Ambon, Kamis (27/7/2017).

Langkah ini dilaksanakan terkait kekurangan stok garam di pasaran akibat gagal panen di sentra produksi, terutama pulau Jawa sehubungan kondisi cuaca.

"Syukurlah stok garam di pasaran di Masohi, ibu kota kabupaten Maluku Tengah dan sekitarnya relatif terjamin karena telah diantisipasi para distributor," ujarnya.

Hanya saja, harganya terjadi fluktuasi, tanpa merincinya.

Kace mengemukakan, garam biasanya dipasok bersamaan dengan bahan pokok masyarakat lainnya oleh para distributor.

"Jadi stok garam saat ini mencukup kebutuhan masyarakat Maluku Tengah untuk beberapa bulan kedepan dengan para distributor diingatkan memasok," katanya.

Sebelumnya, Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Maluku, Bustaman Ohorella mengakui, stok garam di pasar mulai menghilang.

Kalangkaan garam bukan saja terjadi di Ambon atau Maluku pada umumnya tetapi di semua daerah.

"Bahkan di Pulau Jawa menjadi persoalan yang cukup mendapat perhatian pemerintah sebab banyak pabrik yang selama ini membutuhkan garam sebagai salah satu bahan utama juga sulit untuk mendapatkan," ujarnya.

Kalau di Maluku tidak terlalu berdampak yang besar terkait masalah garam, lanjutnya, sebab tidak ada pabrik-pabrik yang besar yang membutuhkannya sebagai bahan utama.

Bustaman menambahkan, memang ada keluhan dari para perajin ikan asin di daerah ini yang tidak bisa mengembangkan usahanya tanpa ada garam, mudah-mudahan dalam waktu dekat pemerintah sudah bisa mengatasinya. 
Malteng 1983354901284863925

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Indeks

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang